nusabali

Arema Belum Aman, RANS dan Persita Terancam

Empat Tim Jalani Laga Hidup-Mati di Laga Terakhir Liga 1

  • www.nusabali.com-arema-belum-aman-rans-dan-persita-terancam

BANGKALAN, NusaBali - Empat tim akan melakoni laga hidup dan mati untuk bertahan di kasta tertinggi sepakbola Indonesia pada laga terakhir atau pekan ke-34 Liga 1 2023/202, Selasa (30/4) sore ini. Keempatnya, yakni PSS Sleman, Arema FC, Persita Tangerang, dan RANS Nusantara FC.

Arema FC memimpin perolehan poin dari empat tim tersebut, yakni di posisi ke-13 dengan 37 poin. Diikuti PSS dan Persita yang sama-sama memiliki 36 poin di posisi 14 dan 15. Lalu RANS Nusantara di posisi 16 dengan 35 poin.

Khusus PSS, dipastikan bertahan di Liga 1 jika menang atas Persib Bandung, di Stadion Manahan, Solo. Namun, jika berakhir imbang, PSS masih punya kesempatan lolos dari degradasi. Syaratnya, RANS kalah atau imbang lawan PSM Makassar di laga lainnya.

jika PSS kalah dari Persib, skema lolos dari jerat degradasi tidak mudah. Sebab, Super Elang Jawa harus bergantung tim lainnya, yakni RANS dan Persita. So, tim asuhan Risto Vidakovic itu akan berjuang habis-habisan di hadapan suporter sendiri kontra Persib.

Sedangkan Arema FC yang ditangani Widodo C Putro harus memenangi laga pekan pamungkas untuk bertahan di Liga 1 musim depan.

Namun hal itu bukan pekerjaan mudah, karena lawan yang dihadapi Arema FC adalah Madura United.

Madura United juga butuh kemenangan untuk memastikan tiket championship series. Jika kalah, tiket itu bisa jadi milik PSIS Semarang. Arema FC dan Madura United sama-sama membidik kemenangan untuk kepentingan masing-masing.

Bicara di atas kertas, Madura United lebih diunggulkan. Selain unggul materi pemain, mereka juga bermain di kandang sendiri, Gelora Bangkalan. Dalam enam laga beruntun, Laskar Sape Kerrap juga belum tersentuh kekalahan di kandang sendiri.

Pelatih Arema Widodo C Putro berharap anak asuhnya mengerahkan seluruh kemampuan di laga terakhir. Ini menjadi penentu masa depan pemain dan klub . "Kami masih ada satu pertandingan lagi. Kami harus menuntaskannya," jelas Widodo.

Sebenarnya, jika Arema FC kalah masih ada kesempatan lolos dari degradasi. Dengan catatan, tiga klub di bawahnya tidak meraih kemenangan, seperti RANS FC, PSS dan Persita. Namun, jika ketiga klub itu menang, Arema FC akan turun kasta jika menelan kekalahan.

Jika dibandingkan tiga klub lain, Arema FC menghadapi laga paling sulit, karena Madura  United punya ambisi mengamankan posisi ke Championship Series.

Sedangkan Persita, PSS dan RANS menghadapi tim yang punya posisi aman. Bali United dan Persib milsanya, sudah memastikan diri ke championship series. Sedangkan PSM yang jadi lawan RANS juga ada di papan tengah.

Pelatih RANS, Angel Alfredo Vera mengatakan timnya mau harus menang lawan PSM di Stadion Batakan, Balikpapan. Hal senada juga dikatakan penyerang RANS, KH Yudo, yang masih yakin timnya selamat dari degradasi. Meskipun peluangnya sangat kecil, harapan untuk stay di Liga 1 musim depan tetap ada.

"Saya selaku pemain mewakili semuanya, kami sudah kerja keras tapi hasil memang mengecewakan kami tidak bisa ambil poin disini," kata KH Yudo. *

Komentar