nusabali

Bupati Dana Bantu Rumah 292 Korban Gempa

  • www.nusabali.com-bupati-dana-bantu-rumah-292-korban-gempa

AMLAPURA, NusaBali - 292 korban gempa di Desa Ban, Kecamatan Kubu, dan di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem, menerima bantuan rumah akibat gempa mengguncang tahun 2021, dari Bupati Karangasem I Gede Dana. Bantuan stimulan Dana Siap Pakai (DSP) berasal dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Bupati I Gede Dana menyerahkan bantuan secara simbolis di Banjar Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Sabtu (27/4). Pascagempa 16 Oktober 2021, berlanjut mendata dan melakukan verifikasi korban gempa yang rumahnya hancur, maka sebanyak 292 rumah yang rusak berat layak diusulkan, dapat bantuan dari BNPB.

Bupati I Gede Dana dan rombongan berkunjung untuk melakukan penyerahan berita acara serah terima bantuan stimulan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Karangasem tahun 2021. Setelah 292 unit rumah aman gempa telah selesai dikerjakan, sebagai bagian dari bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat pasca bencana pada tahun 2023.


Sebanyak 292 unit rumah yang diterima korban, mendapatkan bantuan stimulan perbaikan rumah rusak berat dengan nominal 50 juta rupiah per unit, dengan rincian, pembangunan rumah sebanyak 268 di Desa Ban, Kecamatan Kubu, tersebar di 13 banjar: Banjar Jatituhu sebanyak 69 unit, Banjar Temakung sebanyak 42 unit, Banjar Cutcut sebanyak 2 unit, Banjar Manikaji sebanyak 50 unit, Banjar Daya sebanyak 30 unit, Banjar Cegi sebanyak 14 unit, Banjar Bonyoh sebanyak 3 unit, Banjar Pengalusan sebanyak 8 unit, Banjar Bunga sebanyak 20 unit, Banjar Darmaji sebanyak 20 unit, Banjar Dlundungan sebanyak 3 unit, Banjar Belong sebanyak 2 unit, dan Banjar Pucang sebanyak 5 unit. 

Sedangkan, di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang sebanyak 24 unit yang tersebar di 6 banjar yakni Banjar Teges sebanyak 5 unit, Banjar Waringin sebanyak 1 unit, Banjar Alasngandang sebanyak 6 unit, Banjar Keladian sebanyak 2 unit, Banjar Pemuteran sebanyak 2 unit dan Banjar Kubakal sebanyak 8 unit. 

"Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga yang menerima. Kita juga berharap semoga Karangasem terhindar dari bencana," ujar Bupati Dana, didampingi Sekda I Ketut Sedana Mertha dan Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa.@k16

Komentar