nusabali

Tiga Pentolan Golkar Bersaing

Berebut Kursi Wakil Ketua DPRD Bangli

  • www.nusabali.com-tiga-pentolan-golkar-bersaing

Dari hasil rapat, kata Winuantara, nantinya nama-nama akan diajukan ke DPD I Golkar Bali untuk selanjutnya di kirim  ke DPP Golkar

BANGLI, NusaBali 
Partai Golkar dipastikan mengamankan 1 kursi Wakil Ketua DPRD Bangli periode 2024-2029. Tiga pentolan Partai Golkar yang sama-sama duduk di kepengurusan harian DPD II Golkar Bangli akan bersaing berebut kursi wakil ketua dewan.

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, kursi Ketua DPRD Bangli dipastikan dikuasai PDI Perjuangan (PDIP). Sementara komposisi Wakil Ketua DPRD Bangli ada dua kursi. Untuk kursi Wakil Ketua sudah pasti diamankan Golkar dan Demokrat. Nah, untuk jatah Golkar, bocoran yang diperoleh NusaBali, Selasa (23/4), ada tiga kader elit Golkar Bangli yang berpeluang meluncur ke kursi pimpinan dewan Bangli. Mereka adalah I Nyoman Budiada, I Nengah Darsana dan Ida Bagus Made Santosa.

Budiada saat ini menjabat Bendahara DPD II Golkar Bangli, sementara I Nengah Darsana menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD II Golkar Bangli. Sebaliknya, Ida Bagus Made Santosa menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD II Golkar Bangli. Dari mekanisme penempatan kader di kursi pimpinan, partai politik biasanya mengacu dengan jabatan di struktur partai. Jika melihat posisi struktur, KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara) yang paling berpeluang. Namun, di beberapa daerah ada juga kader yang tidak menduduki jabatan strategis malah duduk di kursi pimpinan dewan. Lobi-lobi politik masih menjadi salah satu penentu.

Ketua DPD II Partai Golkar Bangli, I Gusti Made Winuntara saat dikonfirmasi, Selasa, mengatakan kader Golkar yang nantinya menduduki posisi Wakil Ketua DPRD Bangli ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Sesuai persyaratan, yang berpeluang harus mengantongi pendidikan S1 (Sarjana).

Winuantara memprediksi tiga nama yang memiliki peluang duduki posisi Wakil Ketua  DPRD Bangli  adalah Budiada, Santosa dan Darsana. 

“Jika melihat dari struktur partai,  I Nyoman Budiada menduduki posisi selaku Bendahara DPD Golkar Bangli, sedangkan I Nengah Darsana menduduki jabatan selaku Wakil Ketua Bidang OKK  dan Ida Bagus Made Santosa  duduk selaku  Wakil Ketua Pemenangan Pemilu. Kami prediksi tiga nama ini berpeluang perebutkan posisi  Wakil Ketua DPRD Bangli,” ujar politisi lingsir yang masih nampak energik ini.

Kata Winuntara, DPD II Golkar Bangli segera akan menggelar rapat pleno. Rapat ini untuk menggodok nama-nama yang akan diusulkan sebagai Wakil Ketua DPRD Bangli periode 2024-2029. “Rapat kemungkinan dilaksanakan jelang pelantikan anggota DPRD terpilih,” ujar politisi asal Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli ini. 

Dari hasil rapat, kata Winuantara, nantinya nama-nama akan diajukan ke DPD I Golkar Bali untuk selanjutnya di kirim  ke DPP Golkar. “Untuk posisi Wakil Ketua DPRD Bangli akan diputuskan oleh DPP. Keputusan ada di DPP dan kami di daerah wajib menerima apa pun keputusan dari pusat,” pungkas Winuntara. 7esa.

Komentar