nusabali

SMAN Manggis Loloskan 10 Siswa

Kompetisi OSN Tingkat SMA di Karangasem

  • www.nusabali.com-sman-manggis-loloskan-10-siswa

Selama ini sekolah dari Kota Amlapura yang jadi langganan ke OSN Provinsi Bali.

AMLAPURA, NusaBali
SMAN Manggis, Karangasem, mendominasi raihan tiket ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali. Dari 44 siswa yang lolos dari Karangasem, 10 siswa diantaranha berhak tampil di provinsi dengan 6 mata pelajaran.

Hasil ini untuk pertama kali sekolah dari pinggiran mendominasi meraih tiket ke OSN Tingkat Provinsi Bali. Selama ini sekolah dari Kota Amlapura yang jadi langganan ke OSN Provinsi Bali. "Berkat kejelian guru pembina mencari bakat-bakat siswa, selanjutnya potensi itu dioptimalkan," jelas Plt Kasek SMAN Manggis I Nyoman Wage kepada NusaBali di ruang kerjanya, Banjar Kodok, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (23/4).

Nyoman Wage mengakui baru pertama mampu mengalahkan SMA dari Kota Amlapura terutama SMA favorit, SMAN 1 Amlapura dan SMAN 2 Amlapura.

Nyoman Wage menambahkan, prestasi tidak puas sebatas lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali. "Target berikutnya lolos ke OSN Tingkat Nasional," jelasnya.

Caranya, lanjut I Nyoman Wage  melakukan evaluasi, mengoptimalkan kemampuan siswa, agar hasilnya lebih baik. Apalagi didukung bakat-bakat siswa yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, juga mendapatkan pembinaan dari guru pembina yang tepat.

SMAN Manggis lolos di 6 mata pelajaran OSN, yakni I Komang Agus Wirya Adnyana bidang Kimia, I Putu Wahyu Ardinata bidang Biologi, I Ketut Gede Bayu Wiguna dan Ni Kadek Diah Sukma Anjani bidang Astronomi, Ni Komang Cika Tirtaningsih dan Ni Komang Tri Antika bidang Ekonomi, Ni Putu Diah Damayanti bidang Kebumian, Ni Putu Angie Diah Pramesti, Ni Putu Ari Cintya Dewi dan Ni Nengah Ary Darmayanti bidang Geografi.

Tahun lalu SMAN Manggis meloloskan 6 siswa dengan merebut satu gelar juara melalui Ni Putu Diah Damayanti mapel Kebumian. Kali ini siswi itu kembali lolos itu artinya telah berpengalaman berlaga di OSN Tingkat Provinsi Bali.

Tahun lalu SMAN 2 Amlapura meloloskan, 20 siswa ke OSN Tingkat Provinsi Bali, kali ini turun, hanya meloloskan 9 siswa. Begitu juga tahun lalu SMAN Selat meloloskan 8 siswa, kali ini hanya lolos 6 siswa, sesuai perhitungan nilai passing grade.

Selebihnya SMAN Bebandem meloloskan 4 siswa, SMAN 1 Amlapura meloloskan 3 siswa, MAN Amlapura sebanyak 4 siswa, SMAN Sidemen sebanyak 2 siswa, SMAN 3 Amlapura sebanyak 2 siswa, selebihnya SMAN Kubu, SMAN Rendang meloloskan 1 siswa dan lain-lain.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengakui prestasi siswanya menurun. "Secara keseluruhan di Karangasem rata-rata prestasi OSN nya menurun, kecuali SMAN Manggis. Nanti saya evaluasi," katanya.

Walau hanya meloloskan 9 siswa, dia berharap siswanya bisa tembus ke OSN Tingkat Nasional.7k16

Komentar