nusabali

Lebaran, Jumlah Penumpang Keluar Bali 970.142 Orang

  • www.nusabali.com-lebaran-jumlah-penumpang-keluar-bali-970142-orang

Meskipun posko gabungan Lebaran berakhir pada 18 April 2024, Dishub provinsi dan kabupaten/kota dengan pihak kepolisian terus memantau peningkatan jumlah arus kendaraan yang menuju Bali.

DENPASAR, NusaBali 
Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali merekap lalu lintas penumpang pada periode Lebaran 2024 (3-18 April 2024). Jumlah penumpang keluar Bali mencapai 970.142 orang. Sedangkan jumlah penumpang yang masuk Pulau Dewata sebanyak 827.580 orang. Angka itu berdasarkan catatan di empat titik pintu masuk Bali, Bandara I Gusti Ngurah Rai (terminal domestik), Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai, dan Terminal Mengwi. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Provinsi Bali Putu Sutaryana, mengatakan sempat terjadi antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana. Namun secara umum arus lalu lintas selama periode libur Lebaran tahun ini berjalan cukup lancar. 

“Berjalan lancar tidak ada kendala yang betul-betul signifikan. Kemacetan tidak terlalu parah karena tim terkait, terutama kepolisian memang sudah mengantisipasi sejak jauh hari,” kata Sutaryana, Senin (22/4). 

Kelancaran lalu lintas selama mudik dan arus balik di periode libur Lebaran tahun ini juga terlihat dari minimnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Sutaryana mengatakan, kemacetan parah pada akhir tahun di sekitaran Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi bahan evaluasi menghadapi periode libur selanjutnya, termasuk libur Lebaran kali ini. 

Adapun lalu lintas penumpang keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, pada periode libur Lebaran tahun ini sebesar 231.083 orang. Jumlah ini turun 3,3 persen jika dibandingkan keberangkatan domestik tahun sebelumnya. Sementara itu jumlah penumpang kedatangan sebanyak 243.736 orang, mengalami penurunan 9,9 persen jika dibandingkan dengan 2023.

Di Pelabuhan Gilimanuk, jumlah penumpang keluar Bali pada periode sama sebanyak 641.016 orang. “Jumlah penumpang keluar Bali pada H-7 sampai dengan H+7 pada Angkutan Lebaran 2024 mengalami peningkatan sebesar 7,7 persen jika dibandingkan dengan Angkutan Lebaran 2023,” jelas Sutaryana. 

Di sisi lain, jumlah penumpang masuk Bali dari Pelabuhan Gilimanuk sebanyak 536.339 orang atau naik 5 persen jika dibandingkan dengan penumpang tahun 2023.

Sementara itu dari Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, jumlah penumpang keluar Bali pada masa Lebaran sebanyak 65.845, naik sebesar 22,8 persen jika dibandingkan tahun lalu. Di sisi lain jumlah penumpang masuk Bali dari pelabuhan ini sebesar 28.085 mengalami penurunan 37,9 persen. 

Dari Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, tercatat jumlah penumpang keluar Bali pada periode libur Lebaran 2024 sebanyak 29.198 penumpang atau naik 53,6 persen dibanding tahun lalu. Sementara itu, jumlah penumpang masuk Bali melalui Terminal Tipe A tersebut sebanyak 19.420 atau naik 66,3 persen dibanding masa libur Lebaran tahun lalu. 

Kedatangan penumpang masuk Bali yang terbilang masih lebih rendah dibanding arus mudik lalu diperkirakan akibat belum semua pemudik kembali ke Bali. Sutaryana menyebut, meskipun posko gabungan telah berakhir pada 18 April 2024, Dishub provinsi dan kabupaten/kota bekerja sama dengan pihak kepolisian akan terus memantau peningkatan jumlah arus kendaraan khususnya yang menuju Bali. 

“Tetap kita antisipasi, setelahnya barangkali masih ada (arus balik),” ucap Sutaryana. 7 a

Komentar