nusabali

Nelayan Waspadai Cuaca Ekstrem!

Sat Polairud Gelar Patroli Sampan Antik

  • www.nusabali.com-nelayan-waspadai-cuaca-ekstrem

Jika ada hal-hal yang mencurigakan di tengah laut maupun di pesisir, segera lapor ke Pos Polairud. (Aipda IB Tripada)

NEGARA, NusaBali
Jajaran Sat Polairud Jembrana terus mengintensifkan patroli sambang pantai antisipasi kejahatan (Sampan Antik). Kegiatan patroli ini pun sekalian mengingatkan para nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari ini.

Seperti yang dilaksanakan personel Sat Polairud Polres Jembrana di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (21/4) pagi. Personel patroli yang dipimpin Aipda IB Tripana, turun memantau aktivitas warga nelayan di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan.

Selain memantau situasi sekitar, Aipda IB Tripada sempat berdialog dengan para nelayan yang baru pulang melaut di Dusun Kelapa Balian, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana. Sambil menyerap informasi nelayan, dirinya mengajak para nelayan untuk bersama-sama menjaga keamanan kawasan pesisir.

"Jika ada hal-hal yang mencurigakan di tengah laut maupun di pesisir, segera lapor ke Pos Polairud. Demikian halnya ada masalah ataupun musibah di laut, segera dilaporkan sehingga bisa segera ditindaklanjuti," ujar Aipda IB Tripada.

Aipda IB Tripana juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan saat melaut. Terlebih akhir-akhir ini sering tejadi cuaca ekstrem sehingga perlu dilakukan antisipasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Akhir-akhir ini sering terjadi cuaca ekstrem, hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Oleh karena itu, kami mengimbau para nelayan untuk selalu waspada saat melaut," kata Aipda Tripana.

Kasat Polairud Polres Jembrana, AKP I Putu Suparta mengatakan, Patroli Sampan Antik itu bertujuan menjamin keamanan masyarakat pantai. Patroli itu juga bertujuan meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta mengajak nelayan untuk bersama-sama memelihara situasi yang kondusif.

"Patroli dilaksankan terus menerus setiap hari. Selain di pesisir, juga sewaktu-sewaktu dilaksanakan patroli laut. Jadwal patroli juga kontinu, baik pagi, siang, ataupun malam hari," ucap AKP Suparta.7ode

Komentar