nusabali

Penukaran Uang, BI Bali Siapkan Rp 3,27 Triliun

  • www.nusabali.com-penukaran-uang-bi-bali-siapkan-rp-327-triliun

DENPASAR, NusaBali - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali menyiapkan Rp 3,27 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024. Jumlah ini meningkat 1,6 persen dibandingkan 2023 sebesar Rp 3,22 triliun. Untuk pelayanan penukaran uang, BI bersinergi dengan perbankan membuka layanan penukaran pada 208 titik.

Sebelumnya layanan penukaran uang dilakukan menyusul kick of ‘Serambi 2024’ oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Bali Dewa Made Indra pada Selasa (19/3). Pembukaan ditandai dengan pemukulan kul-kul (kentongan) yang menandai peluncuran kalender penukaran dan pelepasan mobil kas keliling mengitari Kota Denpasar.

“Bank Indonesia Provinsi Bali juga menghimbau komitmen perbankan untuk memastikan keandalan dan keamanan ATM di seluruh wilayah dalam libur panjang Idul Fitri,” pesan Erwin Soeriadimadja.

Di samping itu, BI turut mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Bali untuk Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah karena Rupiah adalah simbol kedaulatan negara.

Edukasi Serambi 2024 diperkuat dengan program BI SEBARI yang merupakan sinergi edukasi dengan berbagai pihak melalui beberapa program, antara lain Gerakan CBP Rupiah 1.000 Santri Bali yang berpusat di Kabupaten Jembrana dan melibatkan 6 Pesantren binaan BI Bali. Kedua, Edukasi CBP Rupiah Pantai Kuta bersama pelaku ekonomi yang banyak melayani wisatawan, berpusat di Kuta, Kabupaten Badung. Dan komunikasi melalui channel lainnya seperti media sosial, podcast, media online yang bertujuan untuk mengedepankan edukasi CBP Rupiah dan pentingnya Belanja Bijak Menggunakan Rupiah.

Peresmian Serambi 2024 juga disertai dengan talkshow bertajuk ‘Ukiran Sejarah dan Budaya Bangsa’ bersama I Gusti Ngurah Yudana yang merupakan Putra pertama Pahlawan Nasional Provinsi Bali yaitu I Gusti Ngurah Rai. Foto pahlawan I Gusti Ngurah Rai terdapat pada uang Rupiah pecahan Rp 50.000 Tahun Emisi (TE) 2005.

Di samping itu, kegiatan talkshow juga turut menghadirkan Ni Ketut Arini S.St yang merupakan maestro Tari Legong yang diabadikan pada uang Rupiah pecahan Rp 50.000 Tahun Emisi 2005, 2016, dan 2022. 7 k17

Komentar