nusabali

Anggota DPRD Perbaiki Jalan ke SDN 4 Bunutan

  • www.nusabali.com-anggota-dprd-perbaiki-jalan-ke-sdn-4-bunutan

AMLAPURA, NusaBali - Akses jalan ke SDN 4 Bunutan di Banjar/Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, putus sejak enam tahun karena terkena abrasi. Akses jalan yang rusak berat ini akhirnya diperbaiki berbiaya pribadi dari anggota DPRD Bali Ni Putu Yuli Artini bersama mantan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg.

Perbaikan jalan dengan hotmiks ini dilakukan sepanjang 170 meter dengan lebar 4 meter, Minggu (11/2). Di jalan ini, siswa untuk menuju SDN 4 Bunutan mesti melalui jalan setapak sekitar 30 meter di Banjar/Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem.

Kelian Banjar Bunutan I Wayan Wingan mengatakan, akses jalan menuju SDN 4 Bunutan, satu jalur menuju Pura Segara, Puskesmas Pembantu Desa Bunutan, Bale Banjar Bunutan dan akses nelayan, jalan dibangun tahun 1986, tetapi mengalami rusak berat sejak tahun 2018. 

Akses jalan menuju SDN 4 Bunutan, katanya, telah lama putus. Karena terkena abrasi. Sebelumnya, akses jalan menuju sekolah itu melalui bibir Pantai. Kali ini terpaksa melintasi jalan setapak melalui tegalan milik warga.

"Adanya bantuan pengaspalan jalan dari anggota DPRD Bali, setidaknya memudahkan masyarakat melakukan aktivitas sosial, termasuk menuju SDN 4 Bunutan, hanya saja dari ujung jalan aspal mesti melintasi jalan setapak 30 meter melalui lahan warga menuju sekolah itu," katanya.

Sebab, menuju SDN 4 Bunutan, tidak bisa diaspal karena tidak lagi ada akses jalan, telah lama terkena abrasi. "Syukurnya pemilik tegalan merelakan lahannya digunakan akses menuju sekolah, melalui jalan setapak lebar 2 meter," tambahnya.

Kelian Banjar Bunutan I Wayan Wingan menyukuri ada bantuan pengaspalan jalan, berbiaya pribadi. Sebelumnya cukup lama menunggu bantuan pemerintah tidak kunjung datang. Terlebih lagi jalur itu juga untuk melasti, di setiap ada upacara, dan melakukan persembahyangan di Pura Segara, terutama untuk masyarakat pesisir. 

Anggota DPRD Bali Ni Putu Yuli Artini bersama mantan Bupati I Wayan Geredeg mengakui, membantu masyarakat dengan melakukan pengaspalan jalan berbiaya pribadi.

"Kasihan masyarakatnya, cukup lama jalan itu rusak, menyulitkan melakukan aktivitas sosial. Makanya saya berinisiatif membantu dengan mengaspal jalan itu," jelas Putu Yuli Artini anggota DPRD dari Fraksi Golkar.

Apalagi akses itu terhubung ke banyak tempat, selain sehari-hari untuk melancarkan akses nelayan, juga menuju Pura Segara, jalur melasti, Puskesmas Pembantu Desa Bunutan dan ke SDN 4 Bunutan.7k16

Komentar