nusabali

Karangasem Sabet 5 Prestasi Lingkungan,Adipura Buana, 3 Trofi Adiwiyata Mandiri, dan SLHD

  • www.nusabali.com-karangasem-sabet-5-prestasi-lingkunganadipura-buana-3-trofi-adiwiyata-mandiri-dan-slhd

Karangasem menyabet prestasi bidang lingkungan hidup terbanyak di Bali di 2016.

AMLAPURA, NusaBali
Karangasem meraih trofi Adipura Buana, tiga trofi Adiwiyata Mandiri, dan satu prestasi bidang Nirwasita Tantra atas kebijakan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mencanangkan SLHD (status lingkungan hidup daerah) manajemen bidang lingkungan.Atas prestasi itu, seluruh trofi diarak keliling Amlapura, Minggu (24/7), guna mengabarkan kepada masyarakat Amlapura dan sekitarnya atas keberpihakan pemerintah terhadap lingkungan. Arak-arakan itu berawal dari Lapangan Tanah Aron, keliling Amlapura, dan kembali ke lapangan, Minggu (24/7).

Trofi Adipura Buana merupakan puncak prestasi di bidang kebersihan dan penataan lingkungan, diterima Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri di acara hari lingkungan hidup di Kabupaten Biak, Riau, Jumat (22/7), dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sedangkan tiga trofi Adiwiyata Mandiri untuk SD Negeri 1 Duda Utara, Kecamatan Selat diterima Kasek I Wayan Beratha, trofi Adi Wiyata Mandiri SMAN Selat diterima Kasek I Wayan Cenik, dan trofi Adiwiyata Mandiri untuk SMAN Sidemen diterima Kasek I Putu Suwela.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, prestasi kali ini yang merupakan triple Adiwiyata Mandiri, merupakan implementasi nyata dari penjabaran amanat Tri Hita Karana, berpihak kepada alam sekitarnya. “Prestasi ini mesti kita jadikan media untuk lebih giat dan pro aktif menjaga lingkungan,” pesannya. “Untuk itu mari laksanakan Tri Hita Karana dengan baik. Slogannya sangat sederhana memiliki makna dan harapan masa depan sangat luas untuk penyelamatan semesta ini,” tambahnya.

Pada arak-arakan yang diiringi blaganjur, itu Bupati didampingi Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa, Kepala Badan Lingkungan Hidup I Komang Agus Sukasena, Kepala DKP I Made Suama, dan pejabat lainnya. Disusul arak-arakan tiga trofi Adi Wiyata Mandiri, di atas mobil bak terbuka. Juga hadir segenap petugas kebersihan mengenakan kaos hijau, turut berkeliling kota.

Bupati berjanji memikirkan kesejahteraan para petugas kebersihan yang telah berjuang membuat kota Amlapura jadi bersih sehingga berbuah prestasi trofi Adipura Buana. “Kita bukan saja berupaya mempertahankan prestasi itu, terpenting mampu mempertahankan kebersihan lingkungan,” katanya.

Trofi Adi Wiyata Mandiri bukanlah yang pertama kali. Prestasi serupa dibukukan SD Negeri 7 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu tahun 2009, SD Negeri 1 Selumbung, Kecamatan Manggis tahun 2013, dan SMAN Rendang tahun 2015. k16

Komentar