nusabali

Bupati Tamba Rencanakan Renovasi Pura Jagatnatha

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-rencanakan-renovasi-pura-jagatnatha

NEGARA, NusaBali
Bupati I Nengah Tamba berencana merenovasi bangunan Pura Jagatnatha Kabupaten Jembrana yang dinilai sudah usang.

Untuk itu, Bupati Tamba akan mengajukan permohonan bantuan ke Pemprov Bali. Hal tersebut disampaikan Bupati Tamba di sela-sela penyerahan bantuan sosial (bansos) berupa 10 kilogram beras kepada para Pamangku Pura Jagatnatha Jembrana, di wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Rabu (4/8). “Kalau kita lihat sekarang posisi eksisting Pura Jagatnatha ini, sudah lama sekali. Kita sudah sepakat bersama tim teknis di Pemkab Jembrana untuk membuat proposal guna diajukan ke Bapak Gubernur Bali,” ujar Bupati Tamba didampingi Pj Sekda Jembrana I Made Budiasa dan Asisten II Setda Jembrana I Gusti Ngurah Sumber Wijaya.

Selain renovasi bangunan pura, Bupati Tamba juga akan melakukan perombakan bangunan yang ada di jaba pura. Seperti merombak bangunan kori di pintu keluar sisi selatan untuk lebih menonjolkan candi bentar. “Kalau dilihat dari filosofi pura dan juga termasuk tri mandala pura, harus ada pintu keluar berupa candi bentar. Semua pura seperti itu. Hal itu berfungsi saat Ida Bethara mabaji termasuk saat melasti. Yang terjadi saat ini, tidak ada (candi bentar) itu, lantaran candi bentarnya tertutup,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Bupati Tamba sangat menyayangkan image yang sangat keliru di masyarakat kalau keberadaan Pura Jagatnatha ini lebih didominasi oleh keberadaan Kebun Raya Jagatnatha. Menurutnya, keberadaan pura harus menjadi hal yang utama.

“Yang utama adalah Pura Jagatnatha, baru berikutnya adalah Kebun Raya Jagatnatha. Kita inginkan Pura Jagatnatha, baru diindahkan dengan adanya kebun raya di sebelahnya. Pura Jagatnatha tidak bisa dinomorduakan. Maka dari itu, mungkin itu dulu konsepnya yang salah,” ujarnya.

Terkait usulan permohonan bantuan renovasi Pura Jagatnatha Jembrana yang akan diajukan ke Pemprov, Bupati Tamba optimistis akan disetujui Gubernur Bali. “Astungkara apa yang kita ajukan kepada Bapak Gubernur Bali bisa disetujui. Jika dari kita (Pemkab Jembrana) tentu saat ini masih  sangat sulit akibat masa pandemi Covid-19. Kita berharap, beliau kami yakini sangat setuju sekali dengan rancangan untuk ajegnya jagat Jembrana,” tutur Bupati Tamba.

Sementara terkait dengan bansos kepada para pamangku, Bupati Tamba berharap dapat meringankan beban keluarga di masa pandemi Covid-19 saat ini. “Semua pamangku tentu selalu mendoakan jagat Jembrana agar landuh (tenteram). Selain itu juga situasi dan kondisi saat ini, di mana kita semua sedang mengalami masa sulit dampak dari Covid-19. Untuk itu, pemerintah memberikan sedikit bantuan,” kata Bupati Tamba. *ode

Komentar