nusabali

Pendemi, Gianyar Pasang LPJ Penjor Rp 12,8 M

  • www.nusabali.com-pendemi-gianyar-pasang-lpj-penjor-rp-128-m

Tahun 2020, Pemkab Gianyar telah memasang 230 unit lampu penjor yang sama di pusat Kota Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Pandemi sejak Maret 2020 hingga waktu tak pasti, telah memiskinkan banyak masyarakat. Namun demikian, Pemkab Gianyar tak akan merefocusing anggaran sejumlah proyek fisik. Pemkab akan segera memasang 350 unit lampu penerangan jalan (LPJ) mirip penjor hias tahap II bernilai Rp 12,8 miliar di pinggiran Kota Gianyar.

Informasi di Gianyar, Rabu (4/8), kini proses tender  proyek ini sedang berlangsung. Lampu LPJ hias ini akan menambah jumlah lampu yang sama sebelumnya, 230 unit. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar I Wayan Suamba, Rabu (4/8) kemarin, membenarkan pemasangan lampu hias tahap II kini sudah memasuki tahap tender. Titik-titik yang menjadi pemasangan lampu ini merupakan kelanjutan yang sebelumnya pada jembatan di Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar. "Pemasangannya mulai Kelurahan Bitera sampai ke wilayah Semebaung, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Ada juga dari DPRD Gianyar ke Pasar Gianyar," ujarnya.

Sedangkan untuk di selatan Kota Gianyar, mulai dari timur Pasar Gianyar ke perempatan Puri Gianyar, lanjut arah BRI Gianyar, Jalan Abianbase sampai Percetakan Aksara, dan Jalan Kebo Iwa. Jumlah titik lampu semuanya sekitar 350 tiang lampu dengan tampilan yang sama dengan tiang lampu sebelumnya. "Tiang lampu disesuaikan, jaraknya juga disesuaikan namun tidak serapat di pusat kota," bebernya. Nilai tender proyek ini Rp 12,8 miliar.

Sebelumnya, tahun 2020, Pemkab Gianyar telah memasang 230 unit LPJ penjor yang sama di pusat Kota Gianyar. 230 unit tersebut, terdiri dari 145 tiang tunggal dan 85 tiang doble. Lampu-lampu bertiang warna merah kombinasi kuning tersebut dipasang di pusat Kota Gianyar, utamanya depan Kantor Bupati Gianyar. Suamba menyebut, pejalan kaki akan merasa nyaman saat malam hari di Kota Gianyar. Padahal era kini pejalan kaki nyaris nihil, apalagi malam hari. Proyek lampu ini sebelumnya menghabiskan anggaran Rp 8,9 miliar lebih dari APBD Gianyar.  *nvi

Komentar