nusabali

Bupati Giri Prasta Pantau Penyaluran BLT di Kuta Utara

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-pantau-penyaluran-blt-di-kuta-utara

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melanjutkan pemantauan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari APBD Badung.

Untuk memastikan bantuan dan kebijakan politik anggaran Pemkab Badung sampai ke tangan masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19, Bupati Giri Prasta turun langsung memantau penyaluran BLT di wilayah Kecamatan Kuta Utara, meliputi Kelurahan Kerobokan, Kelurahan Kerobokan Kelod dan Desa Canggu, Rabu (4/8).

Dalam pemantauan turut hadir anggota DPRD Badung Dapil Kuta Utara AA Ngurah Ketut Agus Nadhi Putra dan Made Suryananda. Kemudian turut hadir Camat Kuta Utara Putu Eka Parmana. Bupati Giri Prasta menyampaikan, selain untuk membantu meringankan beban perekonomian masyarakat selama masa pandemi, pemberian BLT sebesar Rp 300 ribu juga diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh masyarakat Badung di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Sekalipun bantuannya sedikit tapi ini wujud bakti saya kepada krama Badung. Ini yang kami maksud dengan gerakan gotong royong bersama untuk masyarakat. Maka, kami bersama jajaran dan DPRD Badung terus melakukan kontrol untuk memastikan BLT Badung ini dapat diterima oleh masyarakat,” ujar Bupati Giri Prasta di sela pemantauan.

Bupati Giri Prasta menegaskan akan terus melakukan penyelarasan atau cleansing data dalam penyerahan bantuan tersebut. Dicontohkan di wilayah Kecamatan Kuta Utara, terhitung Rabu (4/8), terdapat 10 ribu lebih kepala keluarga (KK) yang telah melewati proses penyelarasan data di dinas terkait. “Inilah pentingnya kami melakukan cleansing data, karena ke depan kami ingin setiap desa atau kelurahan memiliki big data, untuk mewujudkan desa presisi,” kata bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu.

Selain bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana APBD Badung, saat ini juga sudah ada penyaluran bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat di Kabupaten Badung. Bantuan tersebut di antaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi. *ind

Komentar