nusabali

Upacara Ngaben Massal Tetap Berjalan Dengan Prokes

  • www.nusabali.com-upacara-ngaben-massal-tetap-berjalan-dengan-prokes

SEMARAPURA, NusaBali
Kasus Covid-19 yang masih meningkat di Klungkung dan Bali umumnya, tak membuat masyarakat menunda kegiatan yang memicu kasus karena kerumunan.

Antara lain, masyarakat aktif melaksanakan upacara ngaben yang melibatkan banyak orang. Kondisi itu tergambar dari sejumlah banjar di Klungkung melaksanakan pengabenan, sebagaimana dikunjungi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wabup Klungkung Made Kasta.

Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra menghadiri sejumlah persiapan upacara Ngaben massal, di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Buda Paing Wayang, Rabu (4/8). Kehadiran bupati ini untuk menunjukkan bahwa pemerintah peduli dengan masyarakat yang sedang melaksanakan yadnya. Bupati  juga memberikan dukungan demi suksesnya seluruh rangkaian ngaben tersebut.

Ngaben massal yang dikunjungi, diantaranya Desa Adat Dwi Kukuh Lestari, Desa Adat Karang, Desa Adat Batumulapan, dan lainnya. Kepada prajuru dan krama, Bupati Suwirta berharap seluruh rangkaian yadnya ini bisa berjalan lancar. Warga juga diimbau taat dalam menerapkan protokol kesehatan. "Semoga pelaksanaan prosesi Ngaben massal ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," harap Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menekankan agar warga taar melaksanakan protokol kesehata (prokes) Covid-19 pada saat prosesi ngaben. Di antaranya, tetap mengenakan masker, menyediakan tempat cuci tangan maupun hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak.

Bupati Suwirta juga menghadiri upacara Ngaben massal oleh kelompok masyarakat yakni Dadia Pasek Kayu Selem  di Banjar Blimbing dan Pasek Gelgel, Pasek Tewel, Pasek Ngukuhin, di Banjar Tengah, Desa Tohpati, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Soma Kliwon Wayang, Senin (2/8).

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mengunjungi warganya yang tengah mempersiapkan upacara Ngaben massal di Desa Tohpati, Kecamatan Banjarangkan, Senin (2/8). Dalam kesempatan itu Wabup Kasta juga mengimbau untuk tetap menerapkan prokes. *wan

Komentar