nusabali

Nakes Disuntik Vaksin Ketiga

Badung Dapat 480 Vial Vaksin Moderna

  • www.nusabali.com-nakes-disuntik-vaksin-ketiga

“Dalam 1 vial vaksin moderna sedikit berbeda dengan dosis vaksin sinovac, karena dapat digunakan untuk 14 orang. Sedangkan untuk vaksin jenis sinovac hanya dapat digunakan untuk 10 orang,” kata dr Gunarta.

MANGUPURA, NusaBali

Vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) secara serentak akan dilaksanakan Selasa (3/8) hari ini. Termasuk untuk nakes di Kabupaten Badung. Kepala Dinas Kesehatan Badung dr Nyoman Gunarta, mengaku sudah mendapatkan 480 vial vaksin moderna dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

“Vaksinasi ini akan dilaksanakan langsung di tempat para nakes bertugas. Sebelum penyuntikan vaksin, seluruh nakes akan menjalani screening untuk mengetahui kondisi kesehatan. Untuk di RSD Mangusada dilaksanakan hari ini (kemarin), karena kebetulan siap jadi kita mulai saja langsung,” jelas dr Gunarta, Senin (2/8).

Dikatakan, nakes yang bertugas di Gumi Keris antara lain berada di 13 puskesmas dan 8 rumah sakit. Adapun jumlah sasaran dalam vaksinasi dosis ketiga sebanyak 6.832 nakes. Vaksinasi akan dilaksanakan dengan beberapa persyaratan khusus. Mereka yang akan divaksin harus sudah mengikuti vakinasi dosis pertama dan kedua dari vaksin sinovac, dengan minimal 3 bulan jarak dari vaksinasi sebelumnya.

Untuk nakes yang sedang hamil juknisnya sudah terbit, jadi dapat diberikan. Kemudian untuk yang memiliki penyakit komorbid pun bisa, tentunya setelah melalui screening. Kemudian, nakes yang akan menerima vaksin tidak terkena Covid-19 selama rentang waktu tiga bulan tersebut. “Kalau misalkan terkena Covid-19 dalam sebulan atau seminggu yang lalu harus menunggu sampai tiga bulan ke depan untuk vaksin moderna,” jelas dokter asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal ini.

Lebih lanjut dikatakan, vaksinasi dosis ketiga ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih pada nakes dalam bekerja. “Dalam 1 vial vaksin moderna sedikit berbeda dengan dosis vaksin sinovac, karena dapat digunakan untuk 14 orang. Sedangkan untuk vaksin jenis sinovac hanya dapat digunakan untuk 10 orang,” kata dr Gunarta.

Mantan Direktur RSD Mangusada ini menambahkan, vaksinasi menggunakan vaksin pemberian Amerika Serikat sampai saat ini hanya ditujukan kepada nakes. “Jadi ini untuk nakes saja,” tegas dr Gunarta. *ind

Komentar