nusabali

Kelurahan Gianyar Disemprot 5.000 Liter Eco Enzyme

  • www.nusabali.com-kelurahan-gianyar-disemprot-5000-liter-eco-enzyme

GIANYAR, NusaBali
Guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dan membersihkan udara di Kelurahan / Kecamatan Gianyar dari polusi, jajaran Korem 163 / Wirasatya menyemprotkan 5.000 liter eco enzyme, Jumat (30/7) pagi.

Kegiatan ini melibatkan jajaran Yonzipur 18/YKR, relawan dari komunitas eco enzym dan unsur kepala lingkungan.

"Kami menyemprotkan eco enzym dengan menggunakan armada truck dekon Yonzipur 18/YKR beserta armada dari komunitas eco enzym di Gianyar," ujar Kapenrem 163/Wirasatya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, di sela-sela kegiatan. 

Penyemprotan dilakukan di seluruh wilayah Kelurahan Gianyar, termasuk Pasar Umum Gianyar dan kantor pemerintahan. "Armadanya kami bagi tiga, sehingga semua wilayah Kelurahan Gianyar dapat disemprot," ungkapnya.

Ketua Komunitas Eco Enzym wilayah Gianyar, Klungkung dan Bangli, Anak Agung Gede Agung mengatakan, eco enzym merupakan cairan organik yang terbuat dari unsur buah buahan dan sayur sayuran. "Eco enzym ini sangat jauh berbeda dengan disinfektan, kalau eco enzym seratus persen terbuat dari bahan alami organik. Seperti buah-buahan, sayuran dan itu difermentasi sekitar 100 hari atau tiga bulan hingga menjadi eco enzym," ujarnya.

Manfaat eco enzym, kata Diana Sukertia, untuk membersihkan serta menetralisir polusi udara dan untuk menimalisir penyebaran virus Covid-19. "Jadi kalau terkena tubuh manusia sangat aman, kami semprotkan untuk menetralisir polusi udara juga," tandasnya. 

Lurah Gianyar I Made Setiawan, berharap dengan penyemprotan eco enzym, dapat menekan penyebaran Virus Covid-19. "Kami harapkan setelah penyemprotan eco enzym bisa mencegah penyebaran Virus Covid-19 di wilayah Kelurahan Gianyar," ujarnya. 

Dikatakan, wilayah Kelurahan Gianyar merupakan pusat pemerintahan, perdagangan, dan mobilitas masyarakat sangat tinggi, sehingga resiko penyebaran Covid-19 juga sangat tinggi. "Dengan penyemprotan eco enzym ini, semoga bisa memutus rantai penyebaran Covid-19," imbuhnya. 7nvi

Komentar