nusabali

PLN Padamkan Listrik 3 Jam

Perbaiki Listrik Diesel di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-pln-padamkan-listrik-3-jam

SEMARAPURA, NusaBali
Salah satu mesin pembangkit listrik yakni MDU (Machine Diesel Unit) 1 di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, mengalami gangguan pada 7 Juni 2021. Untuk itu, PLN merencanakan pemeliharaan kubikel pembangkit.

Pemeliharaan tersebut dilakukan oleh PT Indonesia Power, anak perusahaan PLN. Rencananya, akan dilaksanakan pada 3 Agustus 2021 mulai pukul 01.00 Wita dini hari hingga pukul 04.00 Wita. Selama pemeliharaan berlangsung, wilayah Nusa Penida mengalami pemadaman listrik 3 jam. Pemeliharaan harus dilaksanakan untuk meningkatkan performa mesin pembangkit agar dapat beroperasi secara maksimal dan mencegah gangguan pembangkit di kemudian hari. 

“Pemilihan waktu ini (01.00 Wita-04.00 Wita) didasarkan pada beban puncak terendah harian yakni sebesar 3,3 MW, sehingga kami meminimalisir ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh pelanggan akibat pemeliharaan yang akan dilakukan,” jelas Andre Pratama Djatmiko, Manager PLN UP3 Bali Timur, didampingi Yusna Prambudi, Supervisor Senior Perencanaan Operasi dan Niaga PT Indonesia Power Unit Bisnis Bali, saat menggelar jumpa pers di objek wisata Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (30/7).

Pekerjaan pemeliharaan ini, menurut Andre, harus dilaksanakan untuk meningkatkan performa mesin pembangkit agar dapat beroperasi secara maksimal dan mencegah gangguan pembangkit di kemudian hari. “Untuk mendukung pekerjaan ini, pekerjaan harus dilaksanakan dalam keadaan offline, namun kami berupaya agar durasi pemeliharaan dapat diperpendek dengan mengoptimalkan waktu pekerjaan,” katanya.

Andre menegaskan fasilitas kesehatan di Nusa Penida seperti RSUD Gema Santi dan 3 Puskesmas di Nusa Penida akan berjalan seperti biasa, karena dibackup genset. Adapun pemeliharaan yang dilakukan yaitu pada sisi atas kompartmen kubikel yang hanya mempunyai 1 busbar untuk seluruh engine (7 Unit). "Perbaikan ini harus dilaksanakan karena bekerjanya sistem proteksi di MDU (Machine Diesel Unit) 1, pada  7 Juni 2021 Pukul 05:31 Wita lalu," imbuh Andre.

Apabila pekerjaan pemeliharaan ditunda adalah terjadinya kelembaban pada busbar panel MDU 1 kompartment sisi atas yang dapat menimbulkan short shircuit. “Kami mohon dukungan kepada seluruh pihak untuk memaklumi dan mendoakan agar pelaksanaan pekerjaan ini dapat terlaksana dengan lancar. Kami juga memohon maaf atas ketidaknyaman seluruh pelanggan di Nusa Penida selama pekerjaan berlangsung,” pungkas Andre.7wan

Komentar