nusabali

TK Rare Semesta Besakih Serahkan Bantuan Paket Belajar dan Makanan Sehat ke Anak Didik

  • www.nusabali.com-tk-rare-semesta-besakih-serahkan-bantuan-paket-belajar-dan-makanan-sehat-ke-anak-didik

AMLAPURA, NusaBali.com - Masih dalam rangkaian Hari Anak Nasional 2021, Pratama Widya Pasraman (PWP) atau Taman Kanak-Kanak (TK) Rare Semesta melakukan kegiatan sosial dengan membagikan paket belajar dan makanan sehat kepada anak didiknya pada Jumat (30/7/2021).

Bertempat di wantilan BCC (Bali Caring Community), selain siswa, tampak hadir ketua Yayasan Rare Semesta, para guru, dan orang tua siswa.  “Kami ingin berbagi kasih kepada anak-anak. Kegiatan hari ini kami berikan bantuan paket belajar dan makanan sehat,” terang Putu Gede Asnawa Dikta SPd, Pendiri Yayasan dan TK Rare Semesta, di sela acara.   

Ditambahkannya setelah mengadakan pembagian paket belajar dan makanan sehat, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan mengajak anak-anak bermain sambil mencoba mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari di masa pandemi.

Menurut Sarjana Pendidikan Fisika ini, selama pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir selama dua tahun,  pihaknya mengalami tantangan yang sangat berat dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara daring. 

Pandemi Covid-19, ujar Dikta, telah mempengaruhi seluruh lini kehidupan termasuk pendidikan anak usia dini. “Apalagi bagi kami yang ada di bongkol Gunung Agung, jadi di pelosok desa, kesulitan sinyal, kemudian keadaan ekonomi orang tua juga tidak banyak yang memiliki perangkat yang mendukung untuk belajar online,” ungkap alumnus Universitas Pendidikan Ganesha.  

Meski menghadapi berbagai tantangan tersebut, menurut Dikta, pembelajaran tatap muka di TK Rare Semesta akan mulai dilaksanakan dengan mempertimbangkan arahan resmi dari pemerintah. 

Ia pun menegaskan seluruh kegiatan yang dilakukan hari ini telah memperhitungkan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat. Wantilan BCC memiliki luas yang sangat memadai, sehingga dapat mengakomodasi siswa untuk melakukan protokol jaga jarak. 

Selain itu tentunya setiap yang hadir wajib mengenakan masker dan sudah didahului dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih.  

Kepala TK Rare Semesta, Ni Komang Ayu Trisha Hermawati, SPd, mengatakan senang bisa kembali bertemu langsung dengan siswa-siswanya. “Rasanya bahagia, karena kalau belajar online rasanya kurang bagus,” ucapnya.

Ia mengungkap jika ada beberapa orangtua siswa yang tidak memiliki perangkat handphone, sehingga mengharuskan mereka lari ke tetangga untuk meminjamnya. 

Dengan tatap muka langsung, lanjutnya, ia merasa proses belajar telah dilakukan sunguh-sungguh. Pasalnya, jika siswa belajar daring dari rumah terkadang orang tua tidak mampu mendampingi anaknya belajar dengan baik, semisal karena sibuk bekerja.    

Sementara itu salah satu orangtua siswa, Ni Wayan Suniarti, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak sekolah. “ Kami sangat berterima kasih kepada TK Rare Semesta karena sudah memberikan anak-anak kami paket belajar dan makanan,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan bantuan yang diberikan TK Rare Semesta, dirinya merasa sangat terbantu  di tengah masa pandemi Covid-19. 

Pratama Widya Pasraman (PWP) atau Taman Kanak-Kanak (TK) Rare Semesta merupakan sekolah usia dini yang terletak di Banjar Dinas Besakih Kawan, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Pendiriannya pada 2018 berawal dari aspirasi masyarakat karena memang di Banjar Besakih Kawan belum terdapat Taman Kanak-Kanak sebelumnya. 

Proses belajar mengajar, sebelum adanya pandemi Covid-19,  dilakukan di Balai Banjar Besakih Kawan, karena TK belum memiliki gedung sendiri. Kendati demikian, bersekolah di sini siswa tidak dikenakan biaya alias gratis. Seluruh biaya operasional masih ditopang swadaya para relawan. *adi

Komentar