nusabali

Ini Dia Daftar Juaranya Kuliner Online di Indonesia

Kemenparekraf dan Paxel Gelar ‘eKuliner Awards 2021’

  • www.nusabali.com-ini-dia-daftar-juaranya-kuliner-online-di-indonesia

JAKARTA, NusaBali.com – Di saat pelaku usaha kalang-kabut menghadapi pandemi Covid-19, sektor kuliner relatif lebih tahan guncangan.

Bahkan pada periode Lebaran lalu, pertumbuhan pelaku UMKM Kuliner menjadi sangat pesat. “Kami mencatat setidaknya ada 900.000 makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM Kuliner Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar kota,” kata Bryant Christanto,  CEO Paxel, Jumat (30/7/2021) .  

Peningkatan penjualan ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat mulai dari awal Ramadan, sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya sebagai obat kangen rumah.

Menyikapi booming kuliner online ini, Paxel sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi yang juga menyediakan layanan ekosistem digital menggelar ajang ‘eKuliner Awards 2021’ bekerjasama dengan Kemenparekraf.

Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar. 

Sedangkan untuk kategori yang diluncurkan yakni, Kuliner Online Favorit Dari Kota. Kedua, Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek. Selanjutnya ada kategori  Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung.

Melalui teknologi dan logistik, Paxel telah mewujudkan mimpi UMKM Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa mencapai tiga kali lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan ribu paket per bulan. 

“Fakta menariknya berdasarkan data, kita dapati bahwa makanan khas daerah  tertentu menjadi favorit orang-orang di daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membeli  bakwan Surabaya dan orang Bandung suka membeli pempek,” jelas Bryant. 

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kuliner Nusantara menjadi andalan UMKM Indonesia sejak 2020. Sektor ini dinilai bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan perekonomian selama pandemi. Bahkan kuliner Nusantara merupakan satu dari top 3 subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama pandemi. 

Sebagai salah satu penggerak perekonomian, maka pelaku UMKM kuliner Nusantara ini disebut Sandiaga perlu diberikan pelatihan digital sekaligus channel pemasaran yang memadai.  Karena itu, event  kompetisi kuliner disebut Sandi sebagai langkah positif yang perlu didukung.

“Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan ‘eKuliner Awards 2021’ sebagai langkah positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital,” kata Sandiaga. 

“Saya berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan confidence para pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga sektor parekraf segera bangkit kembali,” tambah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini. 

Seluruh pemenang ajang ‘eKuliner Awards 2021’ berhak mendapatkan hadiah berupa trofi dan review produk yang akan dilakukan oleh celebrity chef dan Youtuber. 

Berikut daftar UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran:
1. Pempek Cuko Sedap -- Kuliner Online Favorit dari Kota Jakarta
2. Catering Si Babah -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bogor
3. Venus Tweets -- Kuliner Online Favorit dari Kota Depok
4. Broth Mama -- Kuliner Online Favorit dari Kota Tangerang
5. Kedai Dimsum -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bekasi
6. Bakakak Ayam Kampung -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bandung
7. Asla Bird Nest -- Kuliner Online Favorit dari Kota Semarang
8. Ayam Goreng PIO -- Kuliner Online Favorit dari Kota Solo
9. Delicia Bakery -- Kuliner Online Favorit dari Kota Yogyakarta
10. Bakwan Sowan -- Kuliner Online Favorit dari Kota Surabaya
11. Bakso Ndeso Malang -- Kuliner Online Favorit dari Kota Malang
12.Babi Guling Karya Rebo -- Kuliner Online Favorit dari Kota Denpasar
13. Bakso Atiraja -- Kuliner Online Favorit dari Kota Makassar
14. Bakwan Sowan dari Surabaya -- Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek
15. Pempek Cuko Sedap dari Jakarta -- Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung



Komentar