nusabali

PPPAPP-KB Fokus Cegah Anak Terhindar Paparan Covid-19

  • www.nusabali.com-pppapp-kb-fokus-cegah-anak-terhindar-paparan-covid-19

GIANYAR, NusaBali
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan Penghargaan Kabupaten / Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 kepada 275 kabupaten/kota se-Indonesia. Salah satunya, KLA untuk Kabupaten Gianyar. 

Meski penghargaan dalam genggaman, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPP-KB) Gianyar, masih fokus mencegah anak-anak agar tak terpapar Covid-19. 

Untuk diketahui, sebelumnya pada tahun 2020, pemberian penghargaan ini ditunda karena Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, didampingi Kepala Dinas PPPAPP-KB Gianyar Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu, dan Kepala Bappeda dan Litbang Gianyar Gede Widarma Suharta, menghadiri pemberian penghargaan melalui virtual di Command Center Kantor Bupati Gianyar, Kamis (29/7) pagi.

Dalam sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, KLA sendiri merupakan sistem pembangunanan yang berbasis pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan untuk menjamin hak dan perlindungan anak.  Pada tahun 2021 telah diterbitkan Peraturan Presiden nomor 25 tahun 2021 tentang kebijakan kabupaten/kota layak anak, dengan lahirnya perpres ini dasar hukum tentang pelaksanaan program kabupaten/kota layak anak di Indonesia menjadi lebih kuat.

Jelas dia, tahun ini menjadi kebanggaan bersama karena Kabupaten/kota Layak Anak meningkat dari tahun 2019 dari 249 menjadi 275 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Perolehan ini merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak di kabupaten/kota masing-masing.

Kepala Dinas PPPAPP-KB Gianyar Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu menyampaikan rasa syukur terhadap penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Gianyar dalam hal Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2021. Jelas dia, Kabupaten Gianyar memang sangat berkomitmen dalam hal perlindungan terhadap anak, karena anak nantinya akan menjadi generasi penerus.

Kedepannya, jelas pejabat asal Puri Peliatan, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud ini, banyak pembenahan yang akan dilakukan mulai dari bidang kelembagaan untuk membentuk Perda yang baru terhadap perlindungan anak, pemberian pemahaman terkait pengasuhan terhadap anak. “Perlindungan terhadap anak mulai dari klaster keluarga menjadi acuan pokok terkait perlindungan anak supaya tidak terpapar Covid-19 di tengah pandemi yang masih melanda,” tegas Cok Lesmana.

Dengan nada sangat optimis, Cok Lesmana berharap, ke depannya Kabupaten Gianyar akan terus berkelanjutan menjadi  Kabupaten/Kota Layak Anak. Dengan itu, dia berharap  Kabupaten Gianyar menjadi contoh untuk kabupaten/kota di Indonesia.7nvi

Komentar