nusabali

Desa Jehem Bangun 3 Unit Bedah Rumah

  • www.nusabali.com-desa-jehem-bangun-3-unit-bedah-rumah

BANGLI, NusaBali
Pemerintah Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli gelontorkan dana Rp 90 juta untuk program bedah rumah. Tahun ini, Pemerintah Desa Jehem membangun 3 unit bedah rumah. Sementara masih ada puluhan kepala keluarga (KK) yang membutuhkan program bedah rumah.

Perbekel Desa Jehem, I Nengah Tesan Darmayasa mengatakan, tahun ini ada 3 kepala keluarga mendapatkan program bedah rumah, masing-masing dengan anggaran Rp 30 juta. “Bedah rumah untuk RTM ini memanfaatkan dana desa. Proses pengerjaan sedang berlangsung,” ungkap Nengah Tesan, Kamis (29/7). 

Anggaran terbatas maka bedah rumah dilakukan bertahap. Setiap tahun, sebanyak 2 sampai 3 RTM mendapatkan program bedah rumah. Dalam situasi pendemi Covid-19, anggaran juga diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. “Kami memang usulkan untuk di kabupaten. Tetapi dalam situasi saat ini daerah memfokuskan anggaran untuk penanganan Covid-19. Kami juga tidak bisa memaksakan, kondisi keuangan daerah juga terbatas,” ujar Nengah Tesan.  

Mantan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bangli ini mengungkapkan, pada tahun 2020 telah melakukan rehab rumah sebanyak 25 unit. Masing-masing KK mendapatkan dana Rp 15 juta. Diakui masih cukup banyak RTM yang memerlukan bantuan bedah rumah. “Sekitar 35 RTM yang perlu program bedah rumah. Kami akan upayakan agar warga memiliki rumah layak huni,” ungkapnya. 

Dana Desa (DD) Jehem tahun 2021 sebesar Rp 967 juta. Anggaran tersebut juga dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Bantuan langsung tunai (BLT) dialokasikan sebesar Rp 216 juta untuk 60 KK. Desa Jehem juga melakukan pengadaan perlengkapan kesehatan seperti masker dan disinfektan. 7 esa

Komentar