nusabali

Vaksinasi II Siap Sasar Warga di 3 Desa Wisata

  • www.nusabali.com-vaksinasi-ii-siap-sasar-warga-di-3-desa-wisata

TABANAN, NusaBali
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan kini bersiap memulai vaksinasi tahap II secara bertahap bagi masyarakat.

Rencananya vaksinasi II menyasar tiga desa wisata sesuai jarak pemberian vaksinasi tahap I, yakni Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Desa Kukuh, Kecamatan Marga dan Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan. Total sasaran 9.064 orang. 

Asisten II Setda Tabanan I Wayan Kotio, selaku Koordinator Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tabanan, menjelaskan sesuai dengan jarak pemberian vaksinasi sebelumnya (tahap I), maka vaksinasi II akan dimulai pada 2 Agustus 2021. Vaksinasi ini diawali, di Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, lanjut pada 3 dan 4 Agustus di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, dan 19 dan 20 Agustus di Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan.

“Saat ini kami sedang merancang untuk memfinalkan kegiatan layanan vaksinasi dengan seluruh  komponen yang terlibat, terutama tenaga kesehatan (nakes) maupun perbekel," jelasnya, Kamis (29/7). 

Kata dia, konsep layanan vaksinasi II masih sama dengan vaksinasi I. Artinya, di satu wilayah lokasi sasaran akan disiapkan pos-pos layanan pemberian vaksin. Upaya ini untuk mengindari adanya kerumunan sehingga pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) bisa berjalan dengan baik. Apalagi kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan saat ini masih cukup tinggi. Maka jangan sampai vaksinasi II malah menimbulkan klaster baru. "Untuk kedatangan warga agar tak menimbulkan kerumunan, tentunya mereka akan diatur," imbuhnya. 

Wayan Kotio mengaku sudah merapatkan persiapan vaksinasi II ini dengan camat dan perbekel agar benar-benar mengatur kedatangan warga. Dicontohkan, dalam satu posko ada 50 sasaran, dalam satu jam layanan yang dimulai sejak pukul 08.00 bisa melayani 15 sasaran. "Pokoknya diatur sedemikian rupa oleh prajuru adat, agar tidak sampai berkerumun. Dan, prokes juga harus tetap jadi perhatian,” tandas mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tabanan ini. 7des

Komentar