nusabali

Rumah Dinas Kodim Jadi Tempat Isolasi

  • www.nusabali.com-rumah-dinas-kodim-jadi-tempat-isolasi

Rumah dinas yang disiapkan yakni rumah dinas Kasdim, Pasiops, Danramil 01, Danramil 02, dan Danramil 04 di Kintamani.

BANGLI, NusaBali
Rumah dinas Kodim 1626/Bangli menjadi tempat isolasi bagi orang tanpa gejala dan gejala ringan (OTG-GR) Covid-19. Rumah dinas untuk tempat isolasi tidak hanya bagi anggota Kodim yang terpapar Covid-19, juga dipersiapkan sebagai antisipasi jika tempat isolasi terpusat (isoter) terisi penuh. Pemkab Bangli telah menyiapkan tempat isoter yakni gedung Diklat RSJ Provinsi Bali di Kelurahan Kawan dan SKB Kayuambua di Desa Tiga Kecamatan Susut. 

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana mengatakan, ada beberapa rumah dinas yang dipersiapkan untuk tempat isolasi. “Ada dua rumah dinas yang dipakai untuk isoter anggota beserta keluarga yang terpapar Covid-19,” jelas Letkol Suwardana, Rabu (28/7). Rumah dinas yang disiapkan yakni rumah dinas Kasdim, Pasiops, dan Danramil 01. Rumah dinas tersebut berada di depan Makodim Bangli. Adapula rumah dinas Danramil 02 yang berlokasi di Koramil Susut serta rumah Danramil 04 di Kintamani. Menurut Letkol Suwardana, sebelumnya 8 orang yang diisolasi, namun sudah ada yang dinyatakan sembuh sehingga masih ada 3 orang yang menjalani isolasi. 

Letkol Suwardana mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Warga yang terkonfirmasi positif dan termasuk orang tanpa gejala atau gejala ringan (OTG-GR) agar menjalani isolasi secara terpusat. “OTG-GR harus diisolasi terpusat karena tidak ada jaminan kalau isoman mereka akan tetap di tempat. Malahan banyak yang jalan-jalan sehingga berpotensi menularkan pada orang lain,” ujarnya. Solusi paling efektif memutus penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan isoter. 

Terpisah, Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan juga memanfaatkan rumah dinas Kapolsek Susut dan Kapolsek Bangli sebagai tempat isolasi sejak 25 Juli lalu. Rumah dinas yang kosong tersebut berisi OTG-GR sebanyak 10 orang. “Rumah dinas Kapolsek Bangli terisi 7 orang dan rumah dinas Kapolsek Susut terisi 3 orang,” jelas AKBP Dhana Aryawan. Keluarga yang isolasi di rumah dinas Kapolsek Bangli merupakan anggota Polres Bangli dan di rumah dinas Kapolsek Susut diisi oleh masyarakat umum. 7 esa

Komentar