nusabali

Pengiriman Patung Bung Karno Tunggu PPKM Berakhir

  • www.nusabali.com-pengiriman-patung-bung-karno-tunggu-ppkm-berakhir

SINGARAJA, NusaBali
Proyek pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno yang berlokasi di Kalurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng terus berprogres.

Patung Bung Karno yang akan menjadi ikon RTH termegah di Buleleng ini, sudah tuntas dikerjakan pematung di Yogyakarta. Pengiriman patung ke Bali pun masih menunggu Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berakhir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Buleleng I Gede Melanderat mendampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Kajari Buleleng I Putu Gede Astawa meninjau proyek, Selasa (27/7) kemarin mengatakan, sedang menunggu hasil pengujian laboratorium patung. Menurutnya hasil pengujian yang dilakukan oleh  beberapa laboratorium akan dirilis Rabu (28/7) hari ini.

“Pengujian ini untuk mengetahui kandungan bahan dasar yang digunakan. Apakah sesuai dengan spesifikasi yang kami berikan, semuanya diuji dari bentuk, skala hingga kandungan besi, kuningan. Setelah itu baru kami rencanakan pengiriman bagian patung ke Bali, setelah PPKM lah,” ucap mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Buleleng ini.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sempat melihat dan mengecek langsung pengerjaan proyek RTH yang dibangun dengan empat tahapan sejak tahun 2017 silam. Dia pun berharap dalam waktu 2-3 bulan mendatang patung Bung Karno sebagai ciri khas RTH sudah rampung dipasang. Sehingga pengerjaan proyek bisa terfokus ke bagian yang lainnya.

“Patung Bung Karno segera akan dipasang. Mudah-mudahan 2-3 bulan ke depan sudah rampung pemasangannya,” ucap bupati dua periode ini. Menurutnya, RTH Bung Karno dibangun sejak awal membawa misi menyiapkan tempat rekreasi dan ruang hijau di seputaran Kota Singarajara. Sehingga setelah RTH Bung Karno tuntas, maka masyarakat memiliki lebih banyak pilihan tempat rekreasi gratis. Sekedar untuk refresing menghilangkan kepenatan atau mengajak anak bermain.

RTH Bung Karno juga dibangun untuk memecah keramaian kunjungan di akhir pekan masyarakat Buleleng. Selama ini memang berjubel di Taman Kota Singaraja, RTH Yowanan Asri dan kawasan eks Pelabuhan Buleleng. Sedangkan progres proyek hingga Selasa kemarin diklaim penyedia sudah mencapai 23 persen. Pengerjaan sudah melebihi 9 persen dari target pekerjaan yang ditetapkan sebesar 14 persen. Sejumlah pekerja saat ini masih terfokus menggarap patung Singa Ambara Raja di atas open stage dan kolam air mancur di sisi barat RTH. *k23

Komentar