nusabali

Dewan Minta Teknis Pencairan BLT Diperjelas

  • www.nusabali.com-dewan-minta-teknis-pencairan-blt-diperjelas

MANGUPURA, NusaBali
Kebijakan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada seluruh kepala keluarga (KK) di Kabupaten Badung mendapat dukungan dan apresiasi dari Komisi III DPRD Badung.

Namun, komisi yang membidangi pendapatan dan aset daerah ini meminta teknis pencairan diperjelas, agar tidak menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

Ketua Komisi III DPRD Badung I Putu Alit Yandinata, mengatakan bantuan BLT sebesar Rp 300 ribu ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Badung. Untuk itu, dia berharap tidak ada masyarakat yang tercecer. Apalagi bantuan memakai basis data KK. “Kebijakan bapak bupati dalam memberikan BLT ini sangat kami apresiasi. Sangat ditunggu-tunggu masyarakat di tengah situasi sulit seperti sekarang,” ujarnya, Senin (26/7).

Meski begitu, Alit Yandinata berharap untuk menghindari terjadinya kegaduhan, teknis penyaluran agar diperjelas. Sebab, di sejumlah tempat bantuan sudah diserahkan secara simbolis, namun masyarakat banyak yang mempertanyakan realisasi bantuan tersebut. “Teknis penyaluran dan pencairan BLT ini harus diperjelas, biar masyarakat tidak bertanya-tanya terus. Kasian kaling dikejar-kejar masyarakat dimintain BLT, sementara kaling juga nggak tahu,” kata Alit Yandinata.

“BLT ini per KK. Ada sekitar 98 ribu lebih KK yang akan dapat. Jadi, karena lewat rekening maka pemerintah harus memastikan semua calon penerima ini punya rekening dulu. Kalau belum, bantu dan fasilitasi mereka membuat rekening. Tidak mungkin semua berbondong-bondong ke bank, sementara tidak boleh berkerumun,” kata Alit Yandinata.

Selain itu, Alit Yandinata berharap masyarakat juga diimbau proaktif. Sebab, tidak mungkin bantuan dicairkan apabila belum memenuhi persyaratan dan tidak punya rekening.

Seperti diketahui, Pemkab Badung memutuskan memberikan bantuan BLT selama PPKM. Besaran bantuan Rp 300 ribu per KK. Bantuan menyasar seluruh KK Badung yang tidak menerima bantuan dari pusat. Saat ini penyalurannya sedang berproses. Bupati Giri Prasta bahkan sudah melakukan penyerahan secara simbolis di tiap-tiap kecamatan.

Data sementara ada sekitar 98.830 KK dari 129.149 KK di Gumi Keris, yang mendapatkan bantuan BLT ini. Sementara sisanya sebanyak 30.319 KK sudah menerima bantuan dari pusat.

Sementara, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Badung Made Suardita, menegaskan penerima BLT sudah jelas ada kriteria. Salah satunya ber-KK Badung dan belum pernah menerima bantuan dari pemerintah pusat. “Saat ini sedang proses cleansing data, apabila sudah valid baru dicairkan,” tegasnya saat dikonfirmasi Senin malam. 7 asa

Komentar