nusabali

Pemerintah Desa Tiga Buka Jalan Tembus Desa Kayubihi

  • www.nusabali.com-pemerintah-desa-tiga-buka-jalan-tembus-desa-kayubihi

BANGLI, NusaBali
Pemerintah Desa Tiga Kecamatan Susut dan Pemerintah Desa Kayubihi Kecamatan Bangli membuka jalan baru. Lokasi jalan di Banjar Buungan, Desa Tiga dan Banjar Pucangan Desa Kayubihi.

Perbekel Desa Tiga Putu Merta Utama mengatakan Desa Tiga dan Desa Kayubihi sudah merencanakan sejak lama pembukaan jalur baru. Pembukaan jalur ini untuk mempersingkat jarak tempuh masyarakat yang mau ke Desa Kayubihi maupun ke Desa Tiga. 

Putu Merta Utama mengatakan, kedua desa sudah melakukan pertemuan dan merencanakan buat jalan tembus sejak 3 tahun lalu. Jalur yang dibuka di Banjar Buungan Desa Tiga dan Banjar Pucangan Desa Kayubihi. Saat ini warga yang mau ke Kayubihi melewati Desa Penglipuran maupun Desa Sekardadi. “Jarak tempuh puluhan kilometer,” ungkap Putu Merta Utama, Minggu (25/7). 

Pembukaan jalan baru memanfaatkan telajakan warga. Warga mendukung pembukaan jalan secara sukarela. Jalur yang dibuka sepanjang 1,7 kilometer dengan lebar 5 meter. “Lahan yang dilalui milik warga Buungan sebanyak tiga orang dan warga Pucangan satu orang. Pembukaan jalur menggunakan alat berat bantuan Dinas PUPR Bangli,” jelas Putu Merta Utama. Pembukaan jalur sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu dan saat ini pembukaan jalur hampir rampung. 

Menurut Putu Merta Utama, pembukaan jalur dilakukan selama satu minggu. Setelah itu menunggu pengaspalan. Setelah jalan tembus tuntas dikerjakan, otomatis memangkas jarak tempuh dan menekan biaya transportasi. “Anak-anak kami yang bersekolah di SMKN 2 Bangli di Desa Kayubihi akan dimudahkan, baik jarak juga biayanya,” jelas Putu Merta Utama. 7 esa

Komentar