nusabali

PLN Klungkung Listriki Usaha Peternakan Ayam Broiler

  • www.nusabali.com-pln-klungkung-listriki-usaha-peternakan-ayam-broiler

SEMARAPURA, NusaBali.com - PT PLN (Persero) UID Bali mendukung pemulihan ekonomi melalui program electrifying agriculture (pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan berbasis listrik).

Karena itu PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Klungkung menyalakan listrik
(melistriki) bagi pelanggan premium untuk usaha budidaya Ayam Broiler
dengan sistem closed house di 6 titik penyalaan di Kabupaten Klungkung.

"Melalui program PLN yaitu Electrifying Agriculture, dimana PLN selalu hadir demi memberikan fasiltas listrik kepada industri-industri, khususnya pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan, kami telah melakukan penyalaan pelanggan premium yang memastikan keandalan listrik untuk kandang ayam broiler sistem closed house ini," kata Manajer PLN ULP Klungkung, Komang Tria Aprianta, di Klungkung, Kamis (22/7/2021).

Dalam kunjungan ke salah satu pelaku usaha budidaya ayam broiler di Desa Dawan Kelod, Klungkung, ia menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid-19, ketahanan pangan menjadi kebutuhan yang harus dijaga keberlangsungannya, sehingga sudah selayaknya para pelaku usaha yang berinovasi untuk meningkatkan produktivitasnya harus didukung.

I Wayan Kenak, pemilik usaha budidaya ayam broiler yang saat ini telah menikmati listrik premium golongan tarif LB2, dengan 136 kVA, mengatakan dukungan PLN ini mampu meningkatkan hasil panen ayam hingga dua kali lipat lebih tinggi.

"Kami menggunakan sistem kandang tertutup atau closed house yang membutuhkan stabilitas suhu, dan pengaturan cahaya, sehingga membutuhkan pasokan listrik yang lebih besar dan andal," kata Wayan Kenak.

Ia juga menuturkan dengan sistem closed house ini, selain panen yang lebih menguntungkan yakni mencapai 100.000 ekor per bulan dibandingkan dengan open house, juga mampu menekan biaya produksi hingga 11 persen.

"Dampak terhadap lingkungan juga lebih minim, karena tidak ada bau, dan limbah pada selokan serta sisa sekam yang tercampur dengan kotoran ayam dapat digunakan pupuk pada tanaman jeruk di Kintamani," katanya.

Ia juga turut mengajak masyarakat khususnya pelaku usaha untuk mengikuti jejaknya menggunakan listrik premium broze yang ditawarkan PLN, karena dapat memperoleh layanan utama dari PLN seperti pemasangan jaringan khusus dan jaminan pemasangan genset jika terjadi padam lebih dari 5 jam.

"Tentunya yang terpenting kepastian keandalan listrik ini mampu meningkatkan produktivitas hasil usaha serta pengembangan usaha di masa yang akan datang," kata Wayan Kenak. *ant

Komentar