nusabali

Service Kunjung Yamaha Jadi Solusi saat PPKM Diperpanjang

Aplikasi My Yamaha Mudahkan Segala Urusan Motor

  • www.nusabali.com-service-kunjung-yamaha-jadi-solusi-saat-ppkm-diperpanjang

DENPASAR, NusaBali.com – Akhirnya PPKM Darurat Jawa dan Bali diperpanjang lagi hingga Minggu (25/7/2021). Artinya, mobilitas masyarakat masih dibatasi pada masa pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan belakangan ini.

Bagi pemilik  kendaraan bermotor yang ingin service pun masih ragu, walaupun bengkel sejatinya termasuk sektor yang diperbolehkan buka pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.  

Begitu juga di Bali yang pada masa perpanjangan PPKM Darurat menerapkan PPKM Level 3. Bengkel kendaraan masih diperbolehkan memberikan layanan bagi pelanggannya.  “Tapi bagi yang enggan keluar rumah, kami sediakan layanan SKY atau Service Kunjung Yamaha,” kata Koordinator Service Yamaha DDS Bali, Nyoman Yudiana, Rabu (21/7/2021).

Layanan SKY ini sekaligus mendukung program pemerintah untuk menurunkan mobilitas masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 bisa diturunkan. “Fasilitas SKY sebenarnya sudah sejak 2012 diperkenalkan Yamaha, dan saat  ini di masa pandemi semakin terasa manfaatnya,” terang Yudiana.

Adapun service yang diberikan meliputi perawatan berkala dan penggantian komponen motor tertentu.  Bengkel-bengkel Yamaha di Pulau Dewata standby jika ada pelanggan yang memerlukan layanan SKY. 

Antusias pemilik motor Yamaha menggunakan layanan ini pun terasa pada masa PPKM Darurat.  “Pada masa awal PPKM Darurat bisa mencapai sekitar 20 panggilan, setelah itu di kisaran 5-7 permintaan pelanggan,” jelas Yusep Suyanto, Kepala Cabang Bisma Flagship Shop Denpasar.

Yusep mengatakan bahwa service rutin atau terjadwal adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik motor Yamaha agar garansi tetap berlaku. “Salah satu syarat garansi adalah disiplin mengikuti schedule service,” pesan Yusep.

Untuk mencegah garansi tidak berlaku atau hangus itulah, maka dalam kondisi pemilik motor Yamaha terkendala datang ke bengkel, maka masih bisa mengikuti jadwal service yang sudah ditentukan sebagaimana mestinya.  Karena dengan tersedianya layanan SKY,  pengguna motor Yamaha tinggal perlu keluar rumah, namun cukup menunggu kedatangan mekanik atau teknisi yang langsung melakukan service di tempat. 

Sementara itu untuk kemudahan mengetahui dan mengingat jadwal service, Yusep pun memberi tips agar memanfaatkan aplikasi My Yamaha. “Karena dari aplikasi ini semuanya jadi mudah. Pemilik motor Yamaha akan diingatkan kapan waktunya service, dan melalui aplikasi ini pula bisa dengan mudah mendaftar service, termasuk mengetahui bengkel-bengkel mana saja yang menyediakan layanan SKY,” kata Yusep. 

Diakui tanpa memasang aplikasi My Yamaha sebenarnya juga bisa memanfaatkan berbagai layanan Yamaha. “Tapi harus mengecek dan menelepon dealer atau bengkel satu per satu.Padahal dengan aplikasi My Yamaha, semuanya jadi lebih mudah,” saran Yusep.

Lalu bagaimana dengan harga? Ternyata walaupun bersifat ‘panggilan’, biaya service dan pembelian part sama dengan harga jika service dilakukan di bengkel resmi Yamaha. Sementara soal protokol kesehatan (prokes) juga tak perlu membuat konsumen khawatir.

Yamaha melengkapi teknisi dengan masker dan handsanitizer. Sepeda motor konsumen pun disemprot dengan disinfektan setelah selesai dilakukan service. Dan untuk itu pun diberikan Yamaha secara gratis, agar makin melengkapi pencegahan terhadap virus corona. Bahkan suhu tubuh teknisi yang dikirim untuk melakukan SKY juga diukur terlebih dahulu sebagai upaya penangkalan corona. 

Sementara itu terkait dengan layanan bengkel pada masa PPKM Darurat ataupun PPKM Level 3 yang saat ini sedang diberlakukan di Bali,  ditegaskan kembali oleh Yusep masih buka dan tetap memberikan layanan bagi pemilik motor Yamaha. Hanya saja untuk jam aktivitas bengkel dipercepat satu jam. “Jika sebelumnya sampai pukul 17.00 Wita, maka saat PPKM Darurat harus sudah selesai semuanya pukul 16.00 Wita,” tuntas Yusep. *mao

Komentar