nusabali

Presiden Sumbangkan Sapi ke Pengurus Masjid Agung Bangli

  • www.nusabali.com-presiden-sumbangkan-sapi-ke-pengurus-masjid-agung-bangli

BANGLI, NusaBali
Presiden Joko Widodo sumbangkan seekor sapi untuk umat Islam di Kabupaten Bangli.

Sapi Bali dengan berat 640 kilogram disembelih oleh panitia di Masjid Agung Bangli. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangli, Haji Ghufron mengatakan perayaan Idul Adha 1442 Hijriah sangat istimewa karena baru pertama kali Masjid Agung Bangli menerima bantuan sapi dari Presiden RI.

Menurut Haji Ghufron, sapi kurban diserahkan langsung dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bali didampingi pegawai Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli, Senin (19/7). “Kami sangat senang, Bapak Presiden memberikan sapi untuk kami di Bangli,” ungkap Haji Ghufron, Selasa (20/7).

Proses menyembelih hewan kurban dimulai pukul 08.15 Wita hingga pukul 13.00 Wita. Hewan kurban yang disembelih yakni 19 ekor kambing dan 11 ekor sapi. “Sebelum disembelih, hewan kurban diperiksa kesehatannya oleh tim dokter hewan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli,” kata Haji Ghufron didampingi pengurus MUI Bangli, Haji Yulidar.

Penyembelihan hewan kurban di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19, dilakukan pembatasan untuk panitia. Pemotongan hewan kurban hanya melibatkan 30 orang. Karena ada pembatasan jumlah panitia maka menyembelih hewan kurban berlangsung dua hari. “Panitia yang terlibat wajib menggunakan masker, APD, dan sebelum beraktifitas dilakukan cek suhu tubuh,” ungkap Haji Ghufron. Hari pertama menyembelih 5 ekor sapi dan 12 ekor kambing. *esa

Komentar