nusabali

Polres Gianyar Atensi Prokes Idul Adha

  • www.nusabali.com-polres-gianyar-atensi-prokes-idul-adha

GIANYAR, NusaBali
Jajaran Polres Gianyar melaksanakan pengamanan perayaan Idul Adha 1442 H di Masjid Agung Al-Ala Gianyar, Selasa (20/7).

Pengamanan juga difokuskan pada penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan CovIed-19, terutama pencegahan kerumunan. ‘’Sebab pelaksanaan Idul Adha 1442 H ini berbeda pada masa pandemi CovIed-19. Kerumunan tentu harus kami waspadai,’’ jelas Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Selasa (20/7).  

Kapolres Bayu menjelaskan, perayaan Idul Adha kali ini hanya dihadiri oleh beberapa tokoh umat muslim dengan penerapan prokes ketat. Diantaranya, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pelaksanaan pengamanan ini melibatkan TNI, Polri, dibantu oleh pecalang desa adat dan petugas keamanan Masjid Agung Al-ala Gianyar di Jalan Kestrian, Kelurahan Gianyar. “Pengamanan kali ini kami lebih fokuskan pada protokol kesehatan kepada tokoh muslim dan umat yang akan melaksanakan Shalat Ied di Masjid Agung Al-Ala Gianyar,’’ jelas Kapolres asal Kelurahan Banyuning, Buleleng ini.

Selain itu, jelas Kapolres Bayu, petugas gabungan ini juga tetap mengimbau warga taat prokes melalui pengeras suara, di tengah berlangsungnya PPKM darurat kali ini.

Sementara itu, shalat Idul Adha tersebut dipimpin Imam Ustad Alifardi dan Khotib Ustad Agus Ariyanto. Selaku khotib, Ustad Agus mengajak kepada seluruh jamaah untuk selalu bertaqwa kepada Allah dimana keikhlasan dan kesabaran menjadi kunci ketaqwaan kepada Allah. Sejak Idul Adha itu Allah memerintahkan umat Islam untuk berkurban guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. "Terlebih dalam situasi pandemi seperti ini, janganlah kita bersikap berlebihan. Tetapi bersabar dan bertaqwalah kepada Allah dengan senantiasa tetap berusaha agar tetap dalam lindungan Allah. Karena semua ini adalah ujian dari Allah," jelas Ustad Agus.

Setelah Shalat Ied, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban 13 ekor Sapi dan 21 ekor Kambing serta sodakoh  Rp 5.510.000 di RPH. Sodakoh ini akan dibagikan kepada 2.400 umat Islam di sekitar Masjid Agung Al 'Ala Kabupaten Gianyar. "Semoga di moment Hari Raya Qurban bagi Umat Muslim di tengah PPKM Darurat baik secara pribadi dan sebagai insan yang ber lman bisa berbagi,’’ jelasnya. Menurutnya, berbagi merupakan bagian dari kepekaan dengan saling menguatkan baik sesama muslim dan lintas agama. *nvi

Komentar