nusabali

Pengamanan Salat Idul Adha di Gianyar Dipimpin Kapolres dan Libatkan Pecalang

  • www.nusabali.com-pengamanan-salat-idul-adha-di-gianyar-dipimpin-kapolres-dan-libatkan-pecalang

GIANYAR, NusaBali.com – Masjid Agung Al-A’la di Kabupaten Gianyar menggelar salat Idul Adha, Selasa (20/7/2021) dengan jumlah sangat terbatas dari kapasitas masjid yang sejatinya bisa menampung hingga seribuan jemaah.

Dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat, jumlah Jemaah yang diizinkan mengikuti kegiatan salat id pada Selasa pagi hanya 30 persen dari kapasitas masjid. Pelaksanaan rangkaian kegiatan hari raya Idul adha 1442 Hijriah itu pun langsung mendapat atensi dari Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana SIK MH.

Pengamanan kegiatan perayaan hari Idul Adha bertujuan demi terwujudnya rasa aman dan nyaman, saat melaksanakan salat di masa pandemi seperti saat ini. “Pengamanan kali ini lebih difokuskan pada protokol kesehatan kepada tokoh Muslim, dan jemaah yang akan melaksanakan salat id di Masjid Agung Al-A’la Gianyar,” kata Kapolres. 

Selain itu, dilakukan imbauan protokol kesehatan melalui pengeras suara, untuk tetap mengingatkan agar semua orang yang ada di masjid  yang berdiri tahun 1967 ini untuk mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan di tengah berlangsungnya PPKM Darurat.

Pelaksanaan pengamanan juga melibatkan TNI, pecalang desa adat dan anggota keamanan Masjid Agung Al-Ala yang berlokasi di Jalan Kesatrian nomor 16, Kabupaten Gianyar.   “Keterlibatan pecalang desa adat adalah wujud kepedulian dan toleransi umat beragama, di mana khususnya pada masa pandemi seperti ini, hal tersebut harus semakin dijaga, diperkuat dan dipertahankan,” kata Kapolres. 

Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Agung Al-A’la dipimpin oleh Imam Ustad Alifardi dan khatib Ustad Agus Ariyanto. Dalam khutbahnya,  Ustad Agus Ariyanto mengajak seluruh jemaah yang hadir, untuk selalu bertakwa kepada Allah di mana keikhlasan dan kesabaran menjadi kunci ketakwaan kepada Allah.

“Di mana, sejak itu diperintahkanlah kepada umat Islam untuk berkurban, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Dalam situasi pandemi seperti ini janganlah bersikap berlebihan, tetapi harus selalu bersabar dan bertakwa kepada Allah dengan senantiasa tetap berusaha agar kita tetap dalam lindungan Allah. Karena pada dasarnya semua ini adalah ujian dari Allah,” pesan Ustad Agus Ariyanto.

Kegiatan salat berakhir pukul 07.10 Wita dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Adapun jumlah hewan kurban yang disembelih, yakni sapi sebanyak 13 ekor, dan kambing sebanyak 21 ekor. Selain hewan kurban, terdapat sedekah senilai Rp 5.510.000 yang selanjutnya akan dibagikan kepada 2.400 umat Muslim yang ada di sekitar Masjid Agung Al 'Ala Gianyar.

Pada bagian lain Kapolres Gianyar I Made Bayu Sutha Sartana pun berpesan, agar selalu menaati aturan dan peduli terhadap situasi pandemi saat ini. “Semoga di momen Hari Raya Idul Adha ini, umat Muslim selalu menjaga solidaritasnya meskipun di tengah masa PPKM Darurat ini.”

Pada pengamanan Idul Adha Selasa pagi tersebut terlihat juga Kabag Ops Polres Gianyar Kompol I Wayan Latra SH MH, Kapolsek Kota Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira SH MH.  *rma

Komentar