nusabali

Korem 163/Wirasatya Pimpin Penyemprotan Eco-Enzyme di Peliatan Ubud

  • www.nusabali.com-korem-163wirasatya-pimpin-penyemprotan-eco-enzyme-di-peliatan-ubud

GIANYAR, NusaBali.com - Di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Korem 163/Wirasatya bersama dengan berbagai jajaran masyarakat lainnya berkolaborasi untuk ikut memutus rantai penularan Covid-19 khususnya di Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, dan sekitarnya.

Untuk itu, pada Sabtu (19/7/2021), Korem 163/Wira Satya bekerjasama dengan jajaran Polres Gianyar, Komunitas Eco-Enzyme Nusantara, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Gianyar, bersama-sama melakukan penyemprotan cairan eco-enzyme di Desa Peliatan dan sekitarnya.  

"Dengan penyemprotan eco enzyme ini kita berharap mampu memperbaiki kondisi lingkungan bahkan dapat memperbaiki kondisi udara yang mungkin saja terpolusi atau terkontaminasi virus yang tidak baik buat kesehatan, seperti dalam situasi Pandemi Covid-19 saat ini kita lagi berperang dengan Virus Corona,” ungkap Kapenrem 163/Wirasatya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia di sela-sela berlangsungnya kegiatan tersebut.

Kapenrem 163/Wira Satya juga menjelaskan sekitar 30 liter eco-enzyme (murni) disiapkan untuk penyemprotan di Desa Peliatan tersebut, di mana penyemprotan dilakukan dengan menggunakan kendaraan water canon milik Polres Gianyar dan juga satu kendaraan kecil lainnya dengan perangkat water-pumpnya.

Sementara untuk lokasi penyemprotan, Kapenrem mengatakan dimulai dengan menyasar  Jalan Teges Mas, Peliatan hingga seputaran  Monkey Forest, Ubud. Bahkan, tambah Mayor Sukertia, penyemprotan tidak saja dilakukan di jalan-jalan protokol tetapi hingga ke jalan- jalan kecil termasuk ke dalam rumah warga.

"Kegiatan serupa juga telah dilakukan di internal lingkungan perkantoran Makorem 163/Wira Satya, Asrama Sudirman Denpasar, Asrama Yang Batu, kemudian di wilayah Tegalalang dan hari Sabtu (17/7/2021) di Desa Peliatan, Ubud,” ujarnya.

Sementara itu Perbekel (Kepala Desa) Peliatan, I Made Dwi Sutaryantha, didampingi Pelaksana Tugas Sementara (Plt) Danramil 1616-02/Ubud, Kapten Inf I Wayan Sudana, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas upaya bersinergi semua pihak dalam penyemprotan eco-enzyme kali ini.

"Saya mewakili masyarakat Peliatan, Ubud mengucapkan terima kasih kepada Korem 163/Wira Satya, Polres Gianyar, PMI dan Komunitas Eco-Enzyme Nusantara, yang telah melakukan kegiatan ini. Ini sangat bermanfaat bagi lingkungan dan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Eco Enzyme merupakan produk hasil fermentasi yang berwarna coklat dan beraroma fermentasi asam manis yang kuat dan memiliki banyak manfaat di kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat cairan eco-enzyme di antaranya adalah dapat menjadi karbol alami, sabun cuci, pupuk organik, bisa melawan 6 jenis kuman dan 4 jenis parasit, pembersih alat dapur, pemurni udara, pereda infeksi dan alergi kulit.

Selain itu juga dapat digunakan sebagai antiseptik bahkan ada pengalaman membantu mengeringkan luka pada orang yang kena diabetes yang sudah divonis amputasi yang akhirnya tidak jadi amputasi karena manfaat dari eco-enzyme. *adi

Komentar