nusabali

Satgas Jajaki Taman Margarana

Cari Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

  • www.nusabali.com-satgas-jajaki-taman-margarana

TABANAN, NusaBali
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan berencana melakukan isolasi pasien positif Covid-19 terpusat.

Satgas mencoba menjajaki sejumlah tempat untuk isolasi terpusat. Antara lain, menjajaki rumah pramuka di Bumi Perkemahan, Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Kecamatan Marga, Tabanan.  Sekretaris Satgas Covid-19 Tabanan sekaligus Sekda Tabanan Gede Susila menjelaskan, penjajakan ini dilakukan menindaklanjuti surat Gubernur Bali tentang aktivasi isolasi terpusat berjenjang bagi pasien terkonfirmasi positif Covid19 dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Gejala Ringan (GR). Dalam surat tersebut berisi sejumlah poin penting yakni Satgas kabupaten/kota memfasilitasi atau mendorong tersedianya tempat isolasi terpusat berjenjang dengan memanfaatkan fasilitas atau gedung yang ada. Karena Isolasi Mandiri (Isoman) dirumah dinilai sangat beresiko tinggi.

“Dalam surat itu pemahamannya, karantina terintegrasi bisa dilaksanakan di desa, desa yang menyiapkan tempat, bisa juga kecamatan dan bisa juga kabupaten. Namun jika ada yang melaksanakan isoman (isolasi mendiri) di rumah juga tidak dilarang sepanjang memenuhi persyaratan isoman,” terangnya.

Dengan kondisi tersebut, dia sendiri sudah  melakukan koordinasi langsung baik dengan Dandim Tabanan, dan Kapolres Tabanan. Tujuannya untuk menjajaki lokasi atau tempat yang bisa dimanfaatkan untuk isolasi bagi pasien OTG dan GR. “Untuk kabupaten, tempat ada di Margarana sedang kami jajaki, tempatnya di rumah pramuka di Taman Pujaan Bangsa (TPB),”tegasnya.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 sampai dengan Jumat (16/7), tidak mengalami penurunan, justru kembali meningkat dibandingkan sehari sebelumnya. Dimana dari data Satgas, tambahan kasus baru Covid-19 mencapai 97 orang disertai angka kesembuhan 31 orang. *des

Komentar