nusabali

Kejar Target 50.000 Suntikan Per Hari

Gubernur Koster Terjun Langsung Pantau Vaksinasi

  • www.nusabali.com-kejar-target-50000-suntikan-per-hari

Program vaksinasi door to door di Bali, BIN target 3.000 peserta vaksin dari pelajar SMP-SMA, serta masyarakat yang akan didatangi ke rumah-rumah.

DENPASAR, NusaBali

Gubernur Bali, Wayan Koster terjun langsung memantau program vaksinasi Covid-19 di kabupaten/kota untuk memastikan target vaksinasi harian 50.000 suntikan setiap hari berjalan maksimal. Seperti, Rabu (14/7) pagi Gubernur Koster turun di SMAN 5 Denpasar, Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, Gubernur Koster sambangi para siswa yang mengikuti vaksinasi.

Saat turun di SMAN 5 Denpasar, Gubernur Koster didampingi Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo. Sementara dari jajaran perangkat daerah hadir Kadis Kesehatan Provinsi Bali dr I Ketut Suarjaya, Kadisdikpora Provinsi Bali I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, dan Kepala BPBD Bali yang juga Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali I Made Rentin.

Vaksinasi kemarin juga dipantau secara daring oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara Jakarta. Karena di sejumlah provinsi di Indonesia, yakni sebanyak 14 provinsi juga melaksanakan gerakan serupa. 14 provinsi itu meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Papua.

Selain melibatkan pelajar SMP dan SMA yang menjadikan sekolah sebagai episentrum vaksinasi, pelaksanaan vaksinasi door to door juga dilaksanakan melalui fasilitasi BIN. Khusus untuk Bali, Kabinda Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo menyebutkan menarget 3.000 peserta vaksin dari pelajar SMP dan SMA, serta masyarakat yang akan didatangi ke rumah-rumah. “Vaksinasi door to door ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin vaksinasi tapi terhambat jarak,” ujar Brigjen Hadi Purnomo. Presiden Jokowi pun mengapresiasi kegiatan vaksinasi door to door yang dilaksanakan oleh BIN.

Jokowi juga berterima kasih kepada pihak yang telah membantu sehingga masyarakat mau divaksinasi. "Bagus door to door bagus, artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik, saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali," ujar Jokowi dilansir detik.com.

Sementara Gubernur Koster dalam acara terjun memantau vaksinasi kemarin sempat berinteraksi dengan para siswa di SMAN 5 Denpasar. Didampingi Kepala SMAN 5 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati Gubernur Koster mengatakan vaksinasi yang terus dilakukan di seluruh Bali akan mempercepat kekebalan komunal (herd immunity) bagi masyarakat Bali. Sementara untuk vaksinasi di SMAN 5 kemarin ada 1.000 siswa yang divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr I Ketut Suarjaya dihubungi NusaBali, Rabu kemarin mengatakan data vaksinasi di Provinsi Bali terus mengalami peningkatan, karena vaksinasi di kabupaten/kota terus digenjot. Hingga Rabu (14/7) pukul 17.00 Wita vaksinasi tahap I sudah mencapai 2.765.762 suntikan. Sementara vaksinisasi tahap II sudah mencapai 770.110 suntikan.

"Distribusi vaksin per hari ini (kemarin) 3.906.220 dosis, dengan sisa stok 497.540 dosis," beber mantan Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Bali ini. Menurut Suarjaya target vaksinasi di Provinsi Bali adalah 2.996.060 (70%) dari jumlah penduduk Bali, yakni 4.280.085 orang. Meskipun saat ini dalam PPKM Darurat, kata Suarjaya vaksinasi di kabupaten/kota terus digenjot dengan target suntikan 50.000 per hari.

"Kita pernah sampai 65.000 suntikan per hari. Dengan adanya PPKM Darurat ini sedikit menurun, karena masyarakat harus menjaga Prokes dan kita hindari terjadinya kerumunan," ujar birokrat asal Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng ini. *nat

Komentar