nusabali

Pasar Hewan Ditutup, Panitia Pesan Hewan Kurban di Peternak

  • www.nusabali.com-pasar-hewan-ditutup-panitia-pesan-hewan-kurban-di-peternak

AMLAPURA, NusaBali
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangasem, Ahmad Rohimi, mengungkapkan ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha sangat aman walau pasar hewan ditutup selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Covid-19.

Sebab panitia telah pesan di peternak, mereka tinggal mengambil dan menyembelih hewan kurban itu. Banyak di antara mereka sudah bayar uang muka ke peternak.   Ahmad Rohimi menegaskan, tidak masalah pasar hewan ditutup karena hewan kurban telah tersedia. Panitia kurban telah pesan ke peternak. Tiga pasar hewan yang ditutup sementara selama PPKM yakni Pasar Hewan Desa Bebandem Kecamatan Bebandem, Pasar Hewan Rubaya di Desa Tulamben Kecamatan Kubul dan Pasar Hewan Pempatan di Desa Pempatan Kecamatan Rendang. “Kami sudah punya persiapan kurban. Tinggal memotong di RPH Ruminasia, selanjutnya dibungkus dibawa ke masjid. Selanjutnya panitia membawakan daging hewan kurban ke rumah-rumah warga yang berhak,” jelas Ahmad Rohimi, Rabu (14/7).  

Terpisah, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Wayan Sutrisna mengakui pasar hewan ditutup selama PPKM darurat. “Ditutup sampai tanggal 20 Juli. Mudah-mudahan PPKM darurat tidak diperpanjang,” harap mantan Kabag Ekonomi Setda Karangasem ini. Dikatakan, kegiatan di pasar hewan selama ini rentan menimbulkan kerumunan antara penjual dan pembeli ternak sapi. Penutupan sementara pasar hewan untuk mencegah penularan Covid-19 di pasar hewan. *k16

Komentar