nusabali

SMAN 1 Amlapura Bangun Patung Saraswati dan Ganesha

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-bangun-patung-saraswati-dan-ganesha

AMLAPURA, NusaBali
SMAN 1 Amlapura membangun patung Dewi Saraswati dan Ganesha dengan biaya Rp 194 juta.

Patung Dewi Saraswati dan Ganesha masing-masing setinggi 4 meter dipasang di depan halaman sekolah menghadap ke timur. Satu patung Dewi Saraswati setinggi 2,5 meter lagi dipasang di depan Padmasana.

Seniman patung, I Wayan Mahardika Yasa menjelaskan, setelah ada kesepakatan gambar, patung kemudian digarap di Banjar Kayu Amba, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli. Ketiga patung itu dikerjakakan selama tiga bulan. Menaikkan dan menurunkan patung menggunakan crane. “Selama pengerjaan, yang rumit adalah membuat rangka dari besi menggunakan besi ukuran 16, besi ukuran 13, besi ukuran 8, dan besi ukuran 6. Setelah rangka pas sesuai gambar, mulai buat patung beton,” ungkap Wayan Mahardika Yasa di SMAN 1 Amlapura, Senin (12/7).

Kasek SMAN 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana, mengatakan pembangunan patung Dewi Saraswati dan Ganesha untuk menambah inspirasi pembelajaran di SMAN 1 Amlapura. “Dewi Saraswati dan Ganesha, keduanya sebagai lambang ilmu pengetahuan,” jelas kasek dari Banjar Pekandelan, Desa Culik, Kecamatan Abang ini. Dalam waktu dekat ini, melaksanakan upacara mlaspas. Jika PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat masih berlangsung, maka upacara hanya menghadirkan guru saja. “Mengenai tempat patung sudah dikoordinasikan di pinggir lapangan di antara selasar sekolah dan lapangan, satu lagi di depan Padmasana,” ungkap Ketua Sabha Desa Adat Culik, Kecamatan Abang ini. *k16

Komentar