nusabali

Rio Waida Pakai Busana Adat Bali saat Defile Kontingen Olimpiade Indonesia

  • www.nusabali.com-rio-waida-pakai-busana-adat-bali-saat-defile-kontingen-olimpiade-indonesia

MANGUPURA, NusaBali.com – Gelaran olahraga terbesar Olimpiade Tokyo 2020 tidak lama lagi akan segera dibuka pada 23 Juli 2021. Seremoni pembukaannya pun pastinya akan dinanti-nanti penggemar olahraga di seluruh dunia.

Dalam defile negara-negara peserta, atlet selancar asal Bali, Rio Waida, dan lifter putri asal Nangroe Aceh Darussalam, Nurul Akmal, dipercaya sebagai pembawa bendera merah putih.

Hal itu diungkapkan Chef de Mission atau ketua kontingen Rosan P Roeslani dalam jumpa pers virtual usai pelepasan kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo di Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Rio Waida pun mengakui bahwa staf pelatihnya sudah dihubungi oleh pihak KOI (Komite Olimpiade Indonesia). “Tapi belum ada informasi mengenai persiapan bawa bendera defile. Hanya sudah diberitahu kalau saya akan memakai pakaian adat Bali nanti,” ungkap Rio ditemui di sela-sela latihannya di Pantai Legian, Kuta, Sabtu (10/7/2021).

Mengenai pakaian adat Bali yang dikenakannya nanti,  Rio mengatakan karena dirinya merupakan atlet Bali yang tumbuh dan besar di Bali. Rio merupakan atlet selancar Bali yang  memiliki darah Jawa dan Jepang. Ia mengatakan lahir di Jepang, namun tumbuh dan belajar selancar sejak kecil di Bali, terutama Pantai Legian.  “Saya sudah kirimkan ukuran baju untuk defile nanti,” terang peselancar berusia 21 tahun ini.

Sementara Ketua Umum PB PSOI (Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia), Arya Subyakto, ketika ditemui sedang memantau latihan Rio mengatakan, merasa terkejut ketika pertama kali mengetahui Rio Waida terpilih sebagai salah satu pembawa bendera defile kontingen Indonesia pada pembukaan Olimpiade Tokyo nanti. 

“Saya terkejut Rio terpilih, mengingat selancar baru pertama kali dipertandingkan di olimpiade,” ujar Arya.
Ia merasa bangga atlet selancar mendapat perhatian dengan terpilihnya Rio sebagai pembawa bendera defile Indonesia. 

Sebenarnya, menurut Arya, masih banyak atlet dari cabang lain yang juga tidak kalah berhaknya untuk terpilih, namun ia sangat bersyukur dengan terpilihnya Rio. *adi

Komentar