nusabali

BST Bulan Mei dan Juni Segera Cair

  • www.nusabali.com-bst-bulan-mei-dan-juni-segera-cair

AMLAPURA, NusaBali
Menteri Sosial Tri Rismaharini menginformasikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk bulan Mei dan Juni 2021 segera cair. Penerima BLT di Kabupaten Karangasem sebanyak 6.693 kepala keluarga.

Dinas Sosial Karangasem belum mensosialisasikan pencairan BLT ke desa-desa karena belum mendapatkan informasi resmi dari kementerian.  Kadis Sosial Karangasem I Gede Basma mengatakan, walau belum dapat pemberitahuan resmi dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial Karangasem telah berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia Cabang Karangasem mengenai teknis pembagian BST. “Secara lisan masyarakat telah mengetahui akan dapat BST. Setiap KK dapat Rp 600.000 untuk dua bulan,” jelas Gede Basma yang mantan Sekdis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem ini, Jumat (9/7).

Pejabat dari Banjar Kubu Kangin, Desa/Kecamatan Kubu itu optimis dalam waktu dekat ada surat resmi dari Kementerian Sosial terkait teknis pembagian BST untuk bulan Mei dan Juni 2021. Lengkap dengan jumlah penerima BST. “Tahun lalu yang dapat BST sebanyak 6.693 KK,” ungkap pejabat kelahiran 28 September 1962 ini. Pencairannya nanti seperti biasa di kantor PT Pos terdekat.

Menurutnya, Kepala PT Pos Cabang Amlapura I Ketut Merta telah berkoordinasi tentang teknik pencairannya. “Saya beri masukan, waktu pencairannya diperpanjang agar yang datang jumlahnya terbatas. Sekali pencairan untuk 50 orang agar tidak terjadi antrean di kantor pos,” ungkap Gede Basma yang Ketua Pratisentana Sira Arya Kanuruhan Kecamatan Kubu, Karangasem ini.

Gede Basma menyebutkan, warga yang dapat BST sudah masuk DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial). Warga yang dapat BST tidak lagi bisa dapat BPNT (bantuan pangan non tunai), PKH (program keluarga harapan), dan sejenisnya. Sehingga tidak ada warga yang double dapat bantuan. Apakah BST berlanjut sampai Desember 2021? “Itu tergantung kebijakan Kementerian Sosial,” jelas mantan Kasek SMPN 1 Kubu dan Kasek SMPN 3 Kubu ini.

Sesuai realisasi BST sebelumnya, Kecamatan Abang sebanyak 1.154 KK nominal Rp 346,2 juta, Kecamatan Bebandem sebanyak 650 KK nominal Rp 195 juta, Kecamatan Kubu sebanyak 946 KK nominal Rp 283,8 juta, Kecamatan Manggis sebanyak 411 KK nominal Rp 123,3 juta, Kecamatan Rendang sebanyak 346 KK nominal Rp 103,8 juta, Kecamatan Selat dan Kecamatan Sidemen sebanyak 1.431 KK nominal Rp 429,3 juta. Terpisah, Ketua Forum Perbekel Karangasem I Gede Partadana juga mendengar adanya rencana pembagian BST pada bulan Mei dan Juni 2021. *k16

Komentar