nusabali

Bupati Tabanan Kocok Ulang 8 Pejabat Eselon II

  • www.nusabali.com-bupati-tabanan-kocok-ulang-8-pejabat-eselon-ii

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya kocok ulang 8 pejabat Eselon II dan 43 pejabat Eselon III lingkup Pemkab Tabanan, Jumat (9/7) siang.

Dari 8 pejabat Eselon II yang dilantik Bupati Sanjaya itu, termasuk di antaranya AA Ngurah Agung Satria Tenaya, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan hasil proses lelang (seleksi terbuka) setahun lalu.

Mereka dilantik dan diambil sumpah jabatannya secara lurung dan daring, Jumat siang pukul 11.30 Wita, dalam seremnoni tertutup yang dilakukan Bupati IKG Sanjaya di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan. Yang mengikuti pelantikan secara luring adalah 8 pejabat Eselon II (setingkat kepala dinas, kepala badan, dan asisten). Sedangkan 43 pejabat Eselon III mengikuti pelantikan secara daring. Mereka yang dilantik baru menerima surat undangan, Jumat pagi sekitar pukul 09.30 Wita atau hanya 2 jam sebelum pelantikan.  

Ada pun 7 pejabat Eselon II yang dikocok ulang, selain Asisten I Setda Kabupaten Tabanan hasil seleksi terbuka tahun 2020 ini meliputi pertama, I Gede Urip Gunawan, Kepala Inspektorat Kabupaten Tabanan dimutasi menjadi Kepala Bapelitbang Kabupaten Tabanan. Kedua, Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja dimutasi menjadi Staf Ahli Bupagti Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuang-an.

Ketiga, Kadis Kebudayaan Tabanan I Gusti Ngurah Supanji dimutasi menjadi Kepala Inspektorat Kabupaten Tabanan. Keempat, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Wayan Sugatra dimutasi menjadi Kadis Kebudayaan Tabanan. Buat sementara, Asisten III Setda Kabupaten Tabanan I Made Agus Harta Wiguna ditunjuk merangkap jadi Plt Kepala BKPSDM Tabanan yang lowong.

Kelima, Asisten II Setda Kabupaten Tabanan AA Gede Dalem Trisna Ngurah dimutasi menjadi Kepala Bakeuda Tabanan. Keenam, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Tanan I Wayan Kotio dimutasi menjadi Asisten II Setda Kabupaten Tabanan. Ketujuh, Kepala Bakeuda Tabanan I Dewa Ayu Sri Budiarti dimutasi menjadi Kadis Perpustakaan dan Arsip.

Khusus AA Ngurah Agung Satria Tenaya, yang dilantik menjadi Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan, merupakan pejabat Eselon II hasil proses lelang tahun 2020 lalu. Sebelum promoasi ke jabatan Eselon II, Gung Satria Tenaya menjabat sebagai Kabag Pembangunan pada Bagian Pembangunan Kabupaten Tabanan.

Ini merupakan mutasi pejabat pertama yang dilakukan Bupati IKG Sanjaya sejak dilantik sebagai kepala daerah di Tanbanan, Februari 2021 lalu. Informasi yang beredar, mutasi jabatan ini bagian upaya memangkas gerbong Bupati Tabanan Tabanan sebelumnya, Ni Putu Eka Wiryastuti.

Sayangnya, Bupati Sanjaya enggan memberikan keterangan pers seusai acara pelantikan kemarin. Sanjaya mohon maaf karena ada urusan, sehingga informasi lebih lanjut diserahkan ke Sekda Tabanan I Gede Susila. “Mohon maaf, saya sudah setting tadi pagi, urusan mutasi ini, sebagai kepala birokrasi biar Pak Sekda yang memberikan keterangan. Jadi, saya no comment. Keterangan dari Pak Sekda sudah seizin saya,” tegas politisi asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan ini.

Sementara itu, Sekda Gede Susila mengatakan secara keseluruhan ada 51 pejabat dimutasi, terdiri dari 8 pejabat Eselon II dan 43 pejabat Eselon III. “Mutasi jabatan ini bertujuan untuk pembinaan karier pegawai. Ini sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN. Ini akan terus berlanjut. Tentunya pimpinan berharap agar para pejabat di Tabanan bisa menerjemahkan apa yang menjadi visi dan misi Pemkab Tabanan ke depan,” jelas Susila seusai acara pelantikan kemarin siang.

Menurut Susila, proses mutasi pejabat ini tidak didasari atas suka tidak suka. Lagipula, proses mutasi ini telah melewati sejumlah tahapan, seperti assessmen, persetujuan Komisi ASN, dan restu Kemendagri. Susila menegaskan, hal yang mendesak sehingga dilakukan pergeseran jabatan, salah satunya karena ada jabatan yang masih lowong, yakni Asisten I Setda Kabupaten Tabanan. *des

Komentar