nusabali

Desa Ketewel Sukses Kembangkan Tanaman Produktif

  • www.nusabali.com-desa-ketewel-sukses-kembangkan-tanaman-produktif

GIANYAR, NusaBali.com - Masa pandemi berhasil dimanfaatkan Desa Ketewel di Kabupaten Gianyar untuk mengembangkan perkebunan produktif.

Mulai tomat,  cabai, terong, jahe, kunyit, kelor, pisan dan nangka ditanam di sebuah lahan yang berlokasi tak jauh dari Kantor Bendesa Ketewel.

Program agro ini dinamakan Puspa Aman atau Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman yang menjadi program  Bupati Gianyar Made Mahayastra untuk menyiasati ketahanan pangan di setiap desa yang ada di Gianyar.

 
Telah berdiri sejak bulan September 2020 yang lalu, Puspa Aman Desa Ketewel telah menjalankan beberapa kegiatan guna mewujudkan ketahanan pangan di desa yang berada di Kecamatan Sukawati tersebut.

Program Puspa aman ini dijalankan oleh Desa Ketewel sekaligus guna merangsang dan menginspirasi warga memanfaatkan sisa lahan pekarangan yang ada. "Harapannya agar sisa lahan  dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi seperti ini,” kata  Perbekel Desa Ketewel I Putu Gede Widya Kusuma Negara, Jumat (9/7/2021).

Hasil perkebunan ini nantinya secara berkala didistribusikan kepada masyarakat, khususnya warga desa pra sejahtera. Pihak Pemerintah Desa pun mendistribusikan bibit tanaman ke warganya agar ke depannya dapat mandiri secara pangan.

Pada Sabtu (3/7/2021) lalu, Puspa Aman juga mengadakan pembagian bibit cabai kepada kader posyandu dan 'nyonya-nyonya'  Desa Ketewel yang dihadiri Camat Sukawati I Gusti Ngurah Gede Udayadnya. “Jika pada keseharian memasak memerlukan cabai, dan biasa memperolehnya dengan membeli, dengan adanya pemberian bibit cabai ini, harapannya nanti akan memetik cabai hasil kebun sendiri, lumayan mengurangi pengeluaran untuk cabai, apalagi kalau sedang mahal,” tandasnya.

Sebaliknya respons warga Desa Ketewel pun terbilang baik. Secara berkala warga malah  turut menyumbangkan bibit tanaman, dan beberapa benih ikan untuk dikembangbiakkan pada Puspa Aman Desa Ketewel.

“Warga desa sejauh ini saling dukung terkait program Puspa Aman tersebut, terakhir ada yang menyumbangkan ikan koi, dan jika sudah waktunya, benih ikan akan disumbangkan kepada warga desa yang terpilih,” jelas Kusuma Negara.

Lebih lanjut Kusuma Negara pun menjelaskan bahwa pada program Puspa Aman tersebut, tidak hanya tanaman dan ikan saja, namun ada ayam serta angsa juga. “Dikarenakan program ini masih dalam tahap pengembangan, maka peran serta warga desa sangat diperlukan untuk memaksimalkan keberadaan program Puspa Aman ini, demi mewujudkan Desa Ketewel yang memiliki ketahanan pangan mandiri yang baik,” tegasnya.

Selain difungsikan guna mewujudkan ketahanan pangan di Desa Ketewel, Puspa Aman juga difungsikan sebagai tempat rekreasi warga desa. “Dikarenakan tempatnya yang asri, dan terdapat bale bengong (tempat istirahat, Red) di sana, ada juga kolamnya," tambah Kusuma Negara.

Harapannya, warga Desa Ketewel seusai mengaturkan bakti ke Pura Payogan Agung Desa Ketewel, dapat singgah beristirahat di Puspa Aman tersebut. "Rencana ke depan, di Puspa Aman juga akan dilakukan pelatihan-pelatihan seperti cara mengolah bahan makanan dan tanaman obat," jelasnya

Namun untuk mendukung keberlangsungan dan kemajuan Puspa Aman Desa Ketewel, dia pun berharap peran serta masyarakat agar semakin meningkat. "Sejatinya program ini sangatlah memiliki visi yang mulia, dan ke depannya agar generasi muda desa semakin aktif dalam program Puspa Aman ini,” tutup Perbekel Kusuma Negara. *rma

Komentar