nusabali

Pengobatan Tradisional dan Pijat Refleksi untuk Nyeri Bokong (Ischialgia) (1)

  • www.nusabali.com-pengobatan-tradisional-dan-pijat-refleksi-untuk-nyeri-bokong-ischialgia-1

Ischialgia adalah rasa nyeri yang menjalar sepanjang perjalanan saraf Ischiadicus dan kedua cabangnya yaitu saraf Peroneus Communis dan saraf Tibialis. 

Nyeri Bokong (Ischialgia) menurut Ilmu Kedokteran Barat

Keluhan yang khas adalah kram atau nyeri di bokong atau di daerah otot paha, nyeri Ischialgia di kaki tanpa nyeri punggung, dan gangguan sensorik maupun motorik sesuai distribusi saraf Ischiadicus. 

Keluhan pasien dapat pula berupa nyeri yang semakin menjadi saat membungkuk, berlama-lama duduk, bangun dari duduk, atau saat merotasi internal paha, juga nyeri saat buang air kecil atau besar. Ischialgia dalam istilah kedokteran merujuk pada keadaan jaringan yang abnormal pada saraf Ischiadicus. Hal ini dapat terjadi karena proses beberapa penyakit, seperti trauma fisik, elektris, infeksi, dan masalah metabolisme. Ischialgia meningkat frekuensinya seiring dengan banyaknya aktivitas yang dikerjakan. Orang awam pada umumnya menginterpretasikan Ischialgia dengan rasa sakit dan nyeri pada bokong.

Pembagian :

1. Ischialgia sebagai perwujudan Primary Ischiadicus Neuritis

Ischialgia akibat Primary Ischiadicus Neuritis adalah ketika saraf Ischiadicus terkena proses radang. Tanda dan gejala utama Primary Ischiadicus Neuritis adalah nyeri yang dirasakan bertolak dari daerah sakrum dan sendi panggul, tepatnya di foramen infra piriformis atau incisura ischiadica dan menjalar sepanjang perjalanan saraf Ischiadicus dan lanjutannya pada saraf Peroneus Communis dan saraf Tibialis. Nyeri tekan ditemukan pada incisura ischiadica dan sepanjang spasium poplitea pada tahap akut. Juga tendon achilles dan otot betis terasa nyeri pada penekanan. Kelemahan otot tidak seberat nyeri sepanjang tungkai. Karena nyeri itu maka tungkai difleksikan, karena apabila diluruskan nyeri bertambah hebat. Tanda-tanda skoliosis kompensatorik sering dijumpai pada Ischialgia jenis ini.

2. Ischialgia sebagai perwujudan Radiculophaty

Ischialgia Radiculophaty merupakan akibat dari jebakan oleh tumor, nukleus pulposus yang menjebol ke dalam kanalis vertebralis maupun osteofit atau peradangan (rematoid spondilitis angkilopoetika, herpes zoster, tuberkulosa) yang bersifat menindih, menjerat, dan sebagainya sehingga terjadi Radiculophaty. Pola umum iskhialgia adalah nyeri seperti sakit gigi atau nyeri hebat yang dirasakan bertolak dari tulang belakang bagian pinggang dan menjalar menurut perjalanan saraf Ischiadicus dan lanjutannya. Makin jauh ke tepi nyeri makin tidak begitu hebat, namun rasa kesemutan atau mati rasa sering dirasakan.

3. Ischialgia sebagai perwujudan Entrapment Neuritis

Selanjutnya dalam perjalanannya ke kaki, saraf Ischiadicus iskhiadikus dapat terjebak dalam bangunan-bangunan yang dilewatinya. Pada Plexus Lumbosacral dapat diinfiltrasi oleh sel-sel kanker indung telur, kanker rahim, atau kanker daerah perut. Di garis persendian sakroiliaka komponen-komponen Plexus Lumbosacral yang sedang membentuk saraf Ischiadicus dapat terlibat dalam proses radang. Di foramen infra piriformis saraf Ischiadicus dapat terjebak oleh bursitis otot piriformis. Dalam trayek selanjutnya saraf Ischiadicus dapat terlibat dalam bursitis di sekitar trochanter major femoris. Dan pada trayek itu juga, saraf Ischiadicus dapat terganggu oleh adanya penjalaran kanker prostat. 7

Komentar