nusabali

Disdukcapil Siapkan Kontak Layanan Bagi Pelamar CPNS

  • www.nusabali.com-disdukcapil-siapkan-kontak-layanan-bagi-pelamar-cpns

BANGLI, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bangli menyiapkan kontak layanan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Bagi pelamar CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mengalami permasalahan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK) bisa mengadu ke kontak layanan Disdukcapil. Disdukcapil pasang target selesaikan penganduan masyarakat tuntas lima menit.

Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Bangli, I Nyoman Murditha menjelaskan, Disdukcapil menyiapkan layanan bagi calon pelamar CPNS maupun PPPK yang mengalami permasalahan NIK tidak sesuai. Calon pelamar yang mengalami permasalahan tersebut dapat menghubungi nomor telepon yang telah disiapkan. “Untuk optimaliasi layanan maka kami menyiapkan kontak layanan. Calon pelamar yang mengalami permasalah NIK dan KK dapat mengirimkan foto e-KTP dan KK,” jelas Nyoman Murditha, Kamis (8/7).

Menurut Nyoman Murditha, pengaduan yang masuk tidak begitu banyak. Pengaduan yang masuk melalui WhatsApp sebanyak 7 pengaduan. Selain melalui WhatsApp ada juga pengaduan langsung ke tempat layanan khusus untuk penerimaan CPNS dan PPPK. “Pengaduan yang masuk melalui WhatsApp dan pelayanan sekitar 30 pengaduan,” ujarnya. Dari jumlah tersebut, data kependudukan tidak terlalu banyak yang bermasalah.

Nyoman Murditha menyebutkan, ketidaksesuaian NIK dan KK dapat terjadi karena pemilik data sempat melakukan update data kependudukan namun belum konsolidasi SIAK terpusat. Adanya data ganda juga menyebabkan tidak sinkron NIK dan KK. “Pelamar tidak dapat masuk di SSCASN bisa karena dalam pengetikan data ada kekeliruan, bisa juga data belum sinkron,” ungkap Nyoman Murdhita.

Penanganan pengaduan dapat diatasi selama 5 menit. Begitu penanganan rampung maka petugas akan menyampaikan kepada masing-masing pelapor atau pengadu. “Kami di Bangli optimalkan layanan dengan target tuntas 5 menit. Mudah-mudahan sampai akhir tahapan rekrutmen CPNS dan PPPK kondusif. Kami pun akan tetap melakukan monitor,” tegasnya. Dijelaskan, kontak layanan yang disiapkan Disdukcapil tidak hanya untuk layanan bagi rekrutmen CPNS dan PPPK, bisa juga dimanfaatkan untuk layanan bank hingga layanan kesehatan. *esa

Komentar