nusabali

Kasus Covid-19 di Karangasem Kembali Bertambah

  • www.nusabali.com-kasus-covid-19-di-karangasem-kembali-bertambah

AMLAPURA, NusaBali
Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem mengatakan terjadi tambahan dua kasus positif Covid-19, Rabu (7/7).

Tambahan kasus terjadi di Kecamatan Karangasem dan Kecamatan Manggis. Akumulasi kasus positif menjadi 1.972 orang, menjalani perawatan sebanyak 24 orang.

Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, warga umur 41-60 tahun terpapar Covid-19 sebanyak 739 orang. Umur 26-40 tahun sebanyak 548 orang, dan umur 0-5 tahun sebanyak 23 orang. Kesembuhan warga yang menjalani perawatan pergerakannya lambat. Ada 3 orang sembuh, ketiganya dari Kecamatan Bebandem, Kecamatan Selat, dan Kecamatan Manggis. Akumulasi sembuh sebanyak 1.854 orang. “Patut disyukuri tidak ada tambahan kasus meninggal,” ungkap Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan Karangasem.

Dijelaskan, dari 24 orang menjalani perawatan berasal dari 14 desa/kelurahan. Paling banyak dari Kelurahan Karangasem sebanyak 5 orang, Kelurahan Subagan Kecamatan Karangasem sebanyak 4 orang, Desa Gegelang Kecamatan Manggis sebanyak 3 orang, Desa Antiga Kelod Kecamatan Manggis sebanyak 2 orang, selebihnya masing-masing desa ada 1 orang masih menjalani perawatan. “Hanya Kelurahan Karangasem dan Desa Gegelang berstatus zona oranye,” tambahnya.

Ada 16 desa/kelurahan masuk zona kuning, selebihnya zona hijau dari 78 desa/kelurahan di Karangasem. Upaya menekan kasus terkonfirmasi Covid-19 dengan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 menyasar anak usia 12-17 tahun telah diawali, Senin (5/7) di SMPN 2 Amlapura dan SMPN 5 Amlapura. Tinggal melanjutkan di delapan kecamatan yang dikoordinasikan 12 Puskesmas. Sementara Lurah Karangasem I Wayan Gusita mengakui Kelurahan Karangasem masih zona oranye. “Kami telah berupaya menekan munculnya kasus baru dengan mengoptimalkan vaksinasi Covid-19, dan sosialisasi menjalankan prokes secara ketat,” jelas Wayan Gusita. *k16

Komentar