nusabali

AP I Sediakan Fasilitas Layanan Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-ap-i-sediakan-fasilitas-layanan-vaksinasi-covid-19

MANGUPURA, NusaBali
Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, menyediakan fasilitas layanan vaksinasi Covid-19.

Penyediaan fasilitas tersebut setelah pemerintah memasukan kartu vaksin minimal dosis pertama sebagai syarat pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) saat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry AY Sikado, mengatakan PPDN yang menggunakan moda transportasi udara wajib melampirkan bukti sertifikat vaksinasi dan dokumen kesehatan Polimerase Chain Reaction (PCR) sesuai dengan aturan PPKM darurat Jawa-Bali. Untuk itu, dalam mempermudah calon penumpang melengkapi dokumen tersebut, utamanya sertifikat vaksin, dibuka layanan vaksinasi pada Senin (5/7) siang. “Dengan adanya aturan serfitikat vaksin itu, kami meyiapkan layanan vaksinasi untuk calon penumpang, bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Tentu penyediaan layanan ini untuk mempermudah calon penumpang,” kata Herry.

Dijelaskan, fasilitas vaksinasi Covid-19 ini disediakan di kawasan Terminal Kedatangan Domestik. Adapun syarat bagi calon penumpang yang akan melakukan vaksinasi dianjurkan datang satu hari sebelum jadwal keberangkatan dan usia minimal 12 tahun dengan ketentuan warga negara indonesia (WNI) membawa KTP atau Kartu Keluarga (KK). Sedangkan warga negara asing (WNA) membawa Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) sesuai Permenkes 18 Tahun 2021.

“Untuk jam operasional layanan vaksinasi dibuka pukul 09.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita. Harapannya calon penumpang yang hendak memanfaatkaan fasilitas itu agar melengkapi dokumen itu,” jelas Herry.

Terkait kuota yang disediakan oleh AP I, Herry mengaku untuk tahap awal pembukaan ini baru menyediakan 50 kuota per harinya. Namun, kuota itu akan terus ditingkatkan demi menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah. Dia juga berharap agar calon penumpang turut membantu dalam memaksimalkan protokol kesehatan (prokes) saat akan melaksanakan vaksinasi di area Bandara. “Selain persyaratan, tentu kita juga imbau kepada calon penumpang untuk selalu mematuhi prokes,” tegasnya.

Herry menambahkan, sebagai gerbang utama pintu masuk Pulau Dewata via udara, sudah menyediakan berbagai fasilitas guna menunjang berbagai persyaratan perjalanan saat pandemi ini. Sebelumnya sudah disediakan PCR di kawasan Terminal Kedatangan Domestik yang beroperasi mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita. “Komitmen kami untuk dapat menjalankan kebijakan pemerintah, dalam menekan penyebaran Covid-19,” tandasnya. *dar

Komentar