nusabali

Gubernur Koster Resmikan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak, Serentak di Seluruh Bali

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-resmikan-vaksinasi-covid-19-untuk-anak-serentak-di-seluruh-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Gubernur Bali Wayan Koster, meresmikan vaksinasi untuk anak-anak  usia 12-17 tahun serentak di seluruh Bali melalui seremoni yang bertempat di SMA Negeri 4 Denpasar, Senin (5/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Kadis Kesehatan Provinsi Bali, Wakil Walikota Denpasar, dan beberapa pejabat lainnya.


"Vaksinasi anak (dosis pertama) dilakukan serempak di seluruh Bali mulai hari ini (5/7/2021) dan ditargetkan selesai 10 Juli (2021) nanti,"ujar Koster.

Vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml yang akan diberikan sebanyak dua kali pemberian dengan jarak atau interval minimal 28 hari.

Gubernur menjelaskan program ini merupakan kelanjutan dari upaya percepatan program vaksinasi sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor HK .02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan Serta Masyarakat Umum Lainnya dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 15-17 Tahun.

“Untuk di setiap kabupaten,  vaksinasi anak akan dipimpin langsung oleh bupati/walikota. Dengan vaksinasi ini masyarakat Bali dapat lebih terlindungi dari penyebaran Covid-19 dan semoga pariwisata Bali pun dapat segera dibuka,” ujar Gubernur.

Ia berpesan agar anak-anak tidak perlu takut melakukan vaksinasi, karena vaksin yang digunakan telah terbukti aman digunakan dan telah melewati uji BPOM.  Gubernur juga berpesan kepada anak-anak sekolah yang telah divaksin hari ini untuk menyampaikan kepada teman-temannya bahwa vaksinasi tidak berbahaya sama sekali, dan baik untuk melindungi diri dari wabah Covid-19.

Untuk diketahui vaksinasi anak usia 12-17 tahun, selain di sekolah, juga dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, dengan membawa persyaratan Kartu Keluarga/KTP/atau dokumen lainnya yang mencantumkan NIK anak.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Koster melaporkan bahwa target vaksinasi tahap pertama di Bali sudah melebihi  target 70 persen (2.317.691 orang) hingga saat ini. Namun, untuk vaksinasi tahap kedua, ia menuturkan, harus segera diselesaikan karena masih di bawah angka 25 persen (751.267 orang).

Kecenderungan penularan Covid-19 pada anak cenderung mengalami peningkatan. Hingga 21 Juni 2021 tercatat lebih dari 2 juta orang di Indonesia terkonfirmasi Covid-19. Dari jumlah tersebut, hampir 260 ribu kasus terkonfirmasi merupakan anak usia 0-18 tahun, dan lebih dari 108 ribu kasus berada pada rentang usia 12-17 tahun.

Sementara di Bali sendiri, ada 51.498 orang yang telah terkonfirmasi positif selama pandemi sejauh ini, dan 1.585 di antaranya meninggal dunia. *adi

Komentar