nusabali

PKBM Ekoturin Bagikan SKL Saat Perpisahan

  • www.nusabali.com-pkbm-ekoturin-bagikan-skl-saat-perpisahan

AMLAPURA, NusaBali
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ekoturin menggelar perpisahan siswa kelas XII dipusatkan di Kantor Yayasan Ekoturin, Banjar/Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (4/7).

Perpisahan diisi dengan penyerahan surat keterangan lulus (SKL) kepada siswa. SKL ini untuk melanjutkan kuliah. PKBM Ekoturin tersebar di 7 lokasi masing-masing Banjar Bunga, Banjar Cegi, Banjar Pengalusan, Banjar Manik Aji, Banjar Jatituhu, dan Banjar Darmaji di Desa Ban Kecamatan Kubu. Satu lagi di PKBM Ekoturin Banjar Tunas Sari, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu. Sementara perpisahan dipusatkan di kantor Yayasan Ekoturin Banjar Ban. Kepala PKBM Ekoturin, I Komang Kurniawan, mengatakan dari 40 siswa kelas XII yang wajib ujian sekolah, hanya absen dua orang. Keduanya memilih kerja di Denpasar, sehingga lulus ujian sekolah sebanyak 38 siswa.

Salah seorang tutor PKBM Ekoturin, I Made Suarjana mengatakan, seluruh siswa yang ikut US dinyatakan lulus, namun belum dapat ijazah. “Ijazah masih dalam proses,” kata Made Suarjana. Setelah ijazah tuntas, selanjutnya para siswa diminta datang untuk cap tiga jari. Dikatakan, PKBM Ekoturin di bawah Yayasan Ekoturin juga mendidik siswa kesetaraan paket A dan paket B sebanyak 171 siswa.

Terpisah, Kepala Bidang PAUD dan PNF (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Nyoman Adil seizin Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika mengatakan, untuk tahun ajaran 2020/2021 menamatkan 328 siswa paket C dari 388 siswa kelas XII. Sebanyak 60 siswa absen ikut US karena ada yang memilih kerja, kawin, dan yang lainnya. “Tahun ajaran ini, siswa PKBM paling banyak tidak ikut US,” kata Nyoman Adil. Tercatat dari 13 PKBM di Karangasem, hanya dua PKBM yang seluruh siswanya ikut US masing-masing PKBM SKB Karangasem sebanyak 23 siswa dan PKB Duda Utara di Kecamatan Selat sebanyak 12 siswa. *k16

Komentar