nusabali

Cegah Longsor, BPBD Tanam 3.000 Bibit Pohon

  • www.nusabali.com-cegah-longsor-bpbd-tanam-3000-bibit-pohon

AMLAPURA, NusaBali
BPBD Karangasem menyiapkan 3.000 bibit pohon untuk cegah longsor. Masing-masing 1.500 bibit jambu biji merah dan 1.500 bibit rumput vetier.

Ribuan bibit pohon itu akan ditanam di daerah rawan longsor. Bantuan bibit pohon berasal dari Balai Pengolahan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Unda Anyar Denpasar. Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa mengatakan audiensi ke Kantor BPDASHL dan disetujui 3.000 bibit. “Tinggal mencari waktu yang tepat untuk penanamannya,” jelas Ida Ketut Arimbawa, Jumat (2/7). Kawasan yang nantinya ditanami pohon jambu biji merah terutama di jalur Banjar Batugede Desa Duda Timur Kecamatan Selat menuju Banjar Ketug Desa Antiga Kecamatan Manggis. Jalur itu langganan longsor setiap musim hujan dan longsornya cenderung di tempat yang sama.

Bibit jambu biji merah juga ditanam di daerah lain yang rawan longsor sesuai pemetaan BPBD. Ida Ketut Arimbawa mengakui mengalami kesulitan melakukan penghijauan di jalur Banjar Batu Gede menuju Banjar Ketug. Jalur itu sepenuhnya curam. Posisi jalan raya di bawah tebing dan di tepi jurang. Tebing dengan ketinggian sekitar 70-80 meter, sementara kemampuan akar tancap pohon sekitar 5-7 meter. “Kerja sama selama lima tahun, penanaman bibit pohon menyesuaikan dengan lokasi rawan longsor,” katanya. *k16

Komentar