nusabali

Layanan SPAM Air Sanih Diperluas Sampai Desa Tembok

  • www.nusabali.com-layanan-spam-air-sanih-diperluas-sampai-desa-tembok

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng menargetkan pengembangan penyediaan air baku di wilayah Buleleng Timur, tuntas tahun 2021.

Pengembangan layanan air baku ini dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sanih. Layanan ini diperpanjang ke batas ujung timur Kabupaten Buleleng, yakni Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adhipta Eka Putra, ditemui di ruangannya Jumat (2/7),  kemarin menjelaskan penuntasan permasalahan air di wilayah Buleleng timur ditarget tuntas akhir tahun ini. Anggaran proyek ini Rp 15 miliar, bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali. Anggaran ini akan digunakan untuk membangun jaringan distribusi air tersebut.

“Proyek penuntasan SPAM Sanih ini sudah jalan dan layanannya lebih panjang dari proyeksi awal. Dengan perpanjangan proyeksi, semua desa di Kecamatan Tejakula akan mendapatkan layanan air bersih,” ungkap Adiptha.

Jelas dia, awalnya proyek SPAM Sanih yang mengambil air dari sumber mata air Yeh Sanih, hanya diproyeksikan sampai di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Namun dengan perluasan layanan, tiga desa lainnya yang berada di ujung timur wilayah Buleleng yakni Desa Penuktukan, Sambirenteng, dan Tembok, dipastikan akan mendapatkan layanan tersebut. “Perpanjangan ini menjawab permasalahan air di Tejakula. Semuanya akan mendapat layanan karena jaingan distribusinya sampai ke Tembok. Pengelolaan airnya nanti akan dilakukan PDAM dan BUMdes,” imbuh dia.

Meski dilakukan perluasan jaringan distribusi air, Adiptha meyakini debit air yang didistribusikan cukup untuk memasok kebutuhan air 10 desa di Kecamatan Tejakula. Bahkan distribusi layanan air bersih yang bersumber dari SPAM Sanih sudah mengalir di wilayah Desa Bungkulan, Giri Emas, Jagaraga di Kecamatan Sawan dan beberapa di wilayah Kubutambahan.

Dia menyampaikan, dari 125 liter per detik debit air yang diambil dari sumber mata air Yeh Sanih, masing-masing desa akan mendapatkan sekitar 50 liter per detik. Sementara itu persoalan air bersih dan irigasi di wilayah Buleleng timur juga terus diupayakan pemerintah. Salah satunya dengan membangunan Bendungan Tamblang, yang sedang berproses. Air tampungan Sungai Aya ini direncanakan akan menyuplai kebutuhan air bersih untuk Buleleng timur termasuk kebutuhan air irigasi subak sekitar.*k23

Komentar