nusabali

Ketua Dewan Cek Jalan Rusak Tergerus Air

  • www.nusabali.com-ketua-dewan-cek-jalan-rusak-tergerus-air

AMLAPURA, NusaBali
Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika, mengecek jalan rusak akibat tergerus air hujan di Banjar Padangtunggal Kauh, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (30/6). Jalan menuju Pura Taman Sari itu rusak sepanjang 1.100 meter.

Lapisan aspal terkelupas, jalan tanah di tepi jalan aspal hanyut akibat diguyur hujan lebat, Kamis (17/6). Jalan itu dibangun untuk kelancaran pamedek ke Pura Taman Sari di Bukit Pucak Sari. Turut mendampingi Ketua DPRD Karangasem cek jalan rusak yakni anggota DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem I Gusti Agung Aryawan, Camat Selat I Nengah Danu, dan Perbekel Desa Duda I Gusti Agung Ngurah Putra. “Jalan yang dibangun tanpa drainase, makanya air meluber ke jalan dan menyebabkan lapisan aspal terkelupas,” ungkap Wayan Suastika. Politisi asal Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat mengungkapkan, air hujan yang mengalir deras dari bukit tumpah ke jalan raya.

Hanya saja untuk melakukan perbaikan tidak bisa langsung di APBD Perubahan 2021. Tak sekadar perbaikan jalan, juga direncanakan membangun drainase agar air hujan mengalir ke got, tidak lagi tumpah ke jalan raya. Perbekel Desa Duda I Gusti Agung Ngurah Putra mengapresiasi kedatangan Ketua DPRD I Wayan Suastika bersama anggota mengecek kerusakan jalan sepanjang 1.100 meter di Banjar Padangtunggal Kauh. Dijelaskan, jalan itu tak hanya dimanfaatkan oleh pamedek juga digunakan oleh untuk warga yang hendak berwisata di Bukit Pucak Sari.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, kerusakan jalan akibat tergerus air hujan juga terjadi di banyak tempat, di antaranya Banjar Telengan Desa Gegelang Kecamatan Manggis, Banjar Batu Gede Desa Duda Timur Kecamatan Selat, dan lainnya. “Sementara yang kami tangani tanah longsor yang menutupi jalan raya dan endapan lumpur di SMPN 3 Manggis,” jelas Ida Ketut Arimbawa. *k16

Komentar