nusabali

GenBI Komisariat Undiknas Sosialisasikan Penggunaan QRIS kepada Pelaku UMKM

  • www.nusabali.com-genbi-komisariat-undiknas-sosialisasikan-penggunaan-qris-kepada-pelaku-umkm

DENPASAR, NusaBali.com - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) mengadakan sosialisasi penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kepada para pelaku UMKM, bertempat di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar, Senin (30/6/2021).

GenBI merupakan komunitas yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia yang berada di bawah naungan Bank Indonesia. Program Beasiswa Bank Indonesia diarahkan tidak hanya dengan pemberian dana yang dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup, namun mahasiswa yang terpilih menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia kemudian akan menjadi anggota komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).


“Salah satu fungsi dari GenBI sendiri adalah sebagai ‘frontliners’ Bank Indonesia, dengan  mengkomunikasikan kelembagaan dan berbagai kebijakan Bank Indonesia kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum,” ujar I Gusti Agung Ayu Vira Ristiyana, Ketua GenBI Komisariat Undiknas.

Teruni Bali 2017 tersebut menambahkan bahwa terdapat berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas GenBI yaitu kegiatan peningkatan hardskill dan softskill, kegiatan sosial, berkesempatan mengikuti Leadership Camp, dan juga berkesempatan membangun relasi di seluruh Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan kali ini merupakan bagian dari program GADIS Goes to UMKM yang merupakan program kerja perdana GenBI Komisariat Undiknas berkolaborasi dengan Divisi Kewirausahaan dan Divisi Pendidikan Undiknas. Program ini, jelasnya, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan atensi masyarakat terkait efektivitas penggunaan QRIS di tengah masa pandemi Covid-19.

Sementara Ketua Panitia Acara, Ni Made Prihanadi, menyebut kegiatan ini mengusung tema ‘Kala Semua Serba Praktis Bersama GADIS’. “Kegiatan ini mengusung tema ‘Kala Semua Serba Praktis Bersama GADIS’, di mana GADIS itu sendiri merupakan singkatan dari Generasi Diskusi QRIS,” terang Prihanadi.



QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, menurut gadis yang biasa dipanggil Hana, merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut mengundang dua narasumber di antaranya, Remon Samora, selaku perwakilan Bank Indonesia Bali sekaligus Pembina GenBi Bali 2021. Remon memberikan materi terkait apa itu QRIS, perubahan perilaku masyarakat sejak adanya QRIS, dan menjelaskan bagaimana prosedur apabila para pelaku UMKM ingin menggunakan QRIS.

Sementara pembicara lainnya adalah Cahyani Wulandari, yang juga merupakan anggota GenBi Komisariat Undiknas dan sekaligus sebagai salah satu pelaku UMKM yang sudah menggunakan QRIS sebelumnya. Pada kesempatan tersebut ia berbagi pengalamannya sejak mulai mengunakan QRIS hingga sekarang.

Di akhir acara dilakukan praktik langsung penggunaan QRIS, dan sebanyak 12 pelaku UMKM dari 30 yang hadir akhirnya memutuskan untuk bergabung untuk menggunakan QRIS. *adi

Komentar