nusabali

Wabup Sutjidra Dorong BUMN Berkontribusi untuk Masyarakat

  • www.nusabali.com-wabup-sutjidra-dorong-bumn-berkontribusi-untuk-masyarakat

SINGARAJA, NusaBali
Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra meminta kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasional di Kabupaten Buleleng untuk tetap berkontribusi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan tersebut disebut sangat tepat di masa pandemi Covid-19 saat ini, mengingat terjadi penurunan aktivitas ekonomi. Hal tersebut disampaikan usai ikut melakukan penyerahan bantuan berupa Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo III Celukan Bawang, pada Selasa (29/6) pagi di Kantor Pelindo III Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. "Karena mereka juga beraktivitas dan berbisnis di Kabupaten Buleleng ini. Dengan demikian eksistensi mereka juga pasti akan meningkat," ujar Sutjidra.

Kata Wabup Sutjidra, di tengah pandemi Covid-19, bukan menjadi hal yang mudah dalam menyalurkan bantuan untuk kesejahteraan masyarakat. Seperti salah satunya program TJSL ini. Sehingga pihaknya mengapresiasi kontribusi yang dilakukan Pelindo III Celukan Bawang. Ke depan diharapkan seluruh kegiatan bisnis dapat dikembangkan lagi, sehingga program TJSL juga dapat meluas ke daerah lain di Buleleng sesuai dengan proporsinya.

"Artinya di sini Pelindo III juga mempunyai tanggungjawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Kami Pemerintah Kabupaten Buleleng sangat berterima kasih, karena mereka rutin memberikan kontribusi melalui TJSL-nya dalam kondisi apapun. Semoga semakin eksis dan dikenal oleh seluruh masyarakat Buleleng, tidak hanya di Kecamatan Gerokgak saja," sebut Sutjidra.

Sementara itu, Deputi Manajer Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo III Regional Bali Nusra, Sulistyaningsih mengungkapkan, pelaksanaan penyaluran program TJSL pada masa pandemi dilaksanakan agak berbeda. Menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan CSR di lingkungan Regional Bali Nusra yang membawahi 11 Pelabuhan dan di 3 Provinsi ini, dibuatkan mekanisme penyaluran secara drive thru.

Ini dilakukan agar dapat menghindari kerumunan. "Kami sudah atur alurnya. Setelah ini rencananya kami ada bantuan listrik untuk masyarakat di sekitar sini dengan anggaran Rp 100 juta. Setiap tahun kita tetap rutin memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar terutama di ring satu pelabuhan, karena masyarakatnya langsung bersentuhan dengan kami," jelas Sulistyaningsih.

General Manajer Pelindo III Pelabuhan Celukan Bawang mengungkapkan, terkait dengan program bantuan TJSL yang disalurkan, terdapat 14 item yang di antaranya berupa sarana tempat ibadah, sarana prasarana pendidikan, dan sarana prasarana fasilitas umum. Kendati grafik pendapatan masih menurun, pihaknya tetap berupaya menyisihkan untuk membantu menunjang kesejahteraan masyarakat.

Program TJSL ini menyasar sarana ibadah maupun lembaga pendidikan. Seperti Pura Kahyangan Tiga di Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula; Wantilan Pura Taman Petirtaan, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak; Pembangunan Masjid Nurul Akmal, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak; maupun lembaga pendidikan seperti SD 3 Negeri Tinga-Tinga, Desa Tinga-tinga, Kecamatan Gerokgak. *mz

Komentar